TAPSEL - Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-117 Kodim 0212/TS bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) melaksanakan kegiatan Penyuluhan dan Sosialisasi di Madrasah Nurul Huda, Desa Sitaratoid, Kecamatan Angkola Barat, Kabupaten Tapsel, Jumat (28/7/2023). Sosialisasi ini dilaksanakan guna untuk Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di lokasi TMMD 117 Kodim 0212/TS, yakni Desa Sitaratoid dan Kelurahan Sitinjak, Kecamatan Angkola Barat.

Plh Kepala BNN Kabupaten Tapsel, Syahran Ritonga selaku narasumber pada penyuluhan dan Sosialisasi tersebut memaparkan pengertian obat/bahan berbahaya (Narkoba) dan bahayanya Narkoba bagi kesehatan.

"Bagai dua sisi mata uang, narkoba menjadi zat yang bisa memberikan manfaat dan juga merusak kesehatan," ujarnya

Seperti yang sudah diketahui, dikatakan Syahran Ritonga, ada beberapa jenis obat-obatan yang termasuk ke dalam jenis narkoba yang digunakan untuk proses penyembuhan karena efeknya yang bisa menenangkan. Namun jika dipakai dalam dosis yang berlebih, bisa menyebabkan kecanduan.

"Penyalahgunaan ini mulanya karena si pemakai merasakan efek yang menyenangkan. Dari sinilah muncul keinginan untuk terus menggunakan agar bisa mendapatkan ketenangan yang bersifat halusinasi," jelasnya.