PALAS - Pemerintah Desa Sialambue, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padanglawas (Palas) menggelar perlombaan pembuatan bubur Asyura bulan Muharram. Bubur khas bulan Muharram ini dimasak ketika puasa Asyura di mana bubur akan disajikan sebagai salah satu menu spesial untuk berbuka puasa Asyura.
 
Masyarakat yang melaksanakan puasa di hari kesepuluh bulan Muharram yang dipercaya dapat menghapuskan dosa selama setahun penuh sudah menjadi tradisi di lingkungan Desa Sialambue, Kecamatan Barumun.
 
Kepala Desa Sialambue, Kecamatan Barumun, Akhiron Habibi Hasibuan,SH mengatakan, kegiatan lomba bubur asyura ini sebagai bentuk rasa syukur perayaan Muharran sekaligus menjalin talisilaturrahmi sesama warga dan pemerintah desa.
 
"Bahan pembuatan ciri khas bubur Asyura ini  berbeda, bukan seperti bubur biasa karena tampilan  bubur  bulan Muharram di daerah  Kabupaten Palas sudah menjadi tradisi bagi masyarakat," katanya, Jumat (28/7/2023).
 
Ditambahkan, perlombaan bubur Asyura ini cukup diminati kalangan ibu-ibu rumah tangga yang dengan antusias menampilkan masakan bubur yang rasa cukup nikmat sesuai selera untuk dicicipi bersama.
 
"Bahan pembuatan bubur Asyura dibuat dari beras, santan, garam, jahe, dan serai. Rasanya gurih nuansa asin dan sedikit pedas dengan toping serpihan bulir buah delima serta berbagai jenis kacang yakni kacang tanah, mede, kacang hijau, kedelai, kacang merah ditambah daun pandan," ungkap Akhiron Habibi.
 
Ia menambahkan, kegiatan perlombaan bubur asyura diikuti sebanyak 20 kelompok ibu -ibu yang ada di Desa Sialambue sebagai bentuk rasa syukur perayaan bulan Muharram.
 
Tradisi memasak bubur Asyura ini juga dilakukan umat muslim dalam perayaan 10 Muharram yang citra rasanya beragam, ada yang manis, namun adapula yang gurih karena mengandung berbagai macam bahan seperti  ubi jalar,durian  dan jagung serta pisang, pungkasnya.