MEDAN - Sebanyak 347 jamaah haji kelompok terbang 20 asal Labuhanbatu Selatan dan Kota Medan, tiba di Asrama Haji Madinatul Hajj, Selasa (25/7/2023) petang. Kedatangan jamaah ini menimbulkan rasa haru karena seorang dalam kloter ini wafat atas nama,Irwan Sitompul manifes 102.
 
Atas wafatnya jamaah tersebut, jamaah membacakan doa khusus untuk almarhum.
 
Selain itu, jamaah dalam kloter 20 ini, ada jamaah yang sudah kembali lebih dahulu dengan kloter sebelumnya. Mereka adalah Raja Kholijah Nasution nomor manifes 126 yang kembali bersama kloter 9. Giyanto Karwin manifes 165 kembali bersama kloter 9. Arfah Sitompul manifes 237 kembali bersama kloter 12. Sedangkan open seat ada 13 orang.
 
Hadir Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Provinsi Sumatera Utara,H.Ahmad Qosbi MM, Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan,H.Ahmad Fadly Tanjung, Sekretaris PPIH Debarkasi Medan Ilyas Siregar dan Kabid Pemulangan Dr.Torang Rambe,Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Medan,Dr.H.Impun Siregar, Kasi Haji dan Umrah Kemenag Kota Medan,Eri Nofa MAP.
 
Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan,H.Ahmad Fadly Tanjung,SAg dalam sambutannya menyebutkan selama 40 hari berada di Tanah Suci, dengan menjalani berbagai tantangan dan kembali dengan bahagia, hendaklah menjadikan sosok yang lebih baik dan lebih taqwa dan berguna dalam keluarga dan lingkungan tempat tinggal.
 
"Selamat datang kembali di Tanah Air, 40 hari di Tanah Suci semoga tertempa menjadi sosok lebih baik,"kata Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan,H.Ahmad Fadly Tanjung,SAg.
 
Kepada petugas haji di Debarkasi Medan, Ahmad Fadly menyampaikan terimakasi yang sudah membantu jamaah dalam proses pemberangkatan dan pemulangan.
 
Hal senada disampaikan Kakanwil Kemenag Sumut,H.Ahmad Qosbi MM,yang mengingatkan jamaah haji tetap menjaga ibadah, dengan tetap melaksanakan shalat berjamaah ke masjid. 
 
Selain itu tetap menjalin silaturahmi sesama jamaah untuk mengurai kerinduan ke Tanah Suci, karena mendaftar haji baru bisa dilaksanakan pada 10 tahun mendatang.