BATUBARA - Tumpukan sampah dipinggir jalan menuju perumahan Grand Asia City, Lingkungan V Kelurahan Labuhan Ruku, Kecamatan Talawi, Kabupaten Batu Bara meresahkan warga. Sampah berserakan hingga kebadan jalan tersebut sudah menimbulkan bau yang tidak sedap bahkan dikhawatirkan menimbulkan penyakit.
 
"Kami warga disekitaran lokasi meminta Pemerintah Kabupaten Batu Bara melalui Dinas Perumahan Permukiman dan Lingkungan Hidup untuk mengambil tindakan agar tumpukan sampah itu dibersihkan," kata R Nasution, Selasa (25/7/2023).
 
Ia mengatakan, sampah yang didominan plastik itu sudah menumpuk berbulan-bulan.
 
Tidak hanya itu, dirinya juga meminta Pemerintah untuk melakukan koordinasi dengan pengembang perumahan agar tidak ada lagi warga membuang sampah sembarangan.
 
"Asal sampah ini dari warga yang tinggal diperumahan, untuk itu kita meminta Pemerintah melakukan koordinasi dengan pihak pengembang perumahan," katanya.
 
Dirinya mengkhawatirkan tumpukan sampah tersebut dapat menimbulkan bermacam penyakit.
 
"Kalau dibiarkan terus menerus ini akan menimbulkan penyakit bahkan sudah tercium bau busuk," ucapnya.
 
Sementara, Lurah Labuhan Ruku Halimal Yusri mengatakan akan melakukan pengecekan kelokasi serta berkoordinasi dengan Dinas terkait.
 
"Kita akan melakukan tindakan dengan turun kelapangan serta akan memberitahukan dan berkoordinasi kepada Dinas Perkim dan Lingkungan Hidup," ujarnya.
 
Selain itu, Kata dia, pigak Kelurahan Labuhan Ruku juga akan melakukan himbauan kepada masyarakat di sekitaran lokasi.
 
"Nanti kita beri peringatakan kepada warga untuk tidak membuang sampah sembarangan dan melakukan pemasangan peringatan seperti papan informasi jangan membuang sampah dilokasi ini," ungkapnya.
 
Halimal juga meminta kepada masyarakat untuk bekerja sama dalam menjaga kebersihan lingkugan.
 
"Mari sama-sama kota jaga, bila perlu siapa yang ketahuan buang sampah sembarangan dilokasi itu kita suruh melakukan pembersihan," tegas Halimal.