MEDAN- Tim Program Kemitraan Masyarakat LPPM Universitas Negeri Medan melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan melakukan pendampingan kepada guru-guru SD di Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara. Kegiatan pendampingan tes diagnostik dan e-LKPD dalam mendukung pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka di SD Negeri 104193 Tandam Hilir II Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang ini dilaksanakan 5 Juli 2023.
 
Program ini diketuai Septian Prawijaya, M.Pd dengan anggota Dr. Irsan, M.Pd dan Halim Simatupang, M.Pd,  serta 5 mahasiswa dari jurusan PGSD FIP Unimed. Yakni Anggun Agia Arditha, Natasya Sihombing, Tiara Fatima Tuzzahra, Khofifah Shaira Siregar dan Karenina Sitanggang.
 
Menurut Septian, yang melatarbelakangi kegiatan ini dilakukan karena pentingnya mengukur gaya belajar siswa untuk menerapkan pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka. 
 
"Selama ini masih banyak guru yang kesulitan untuk menyusun perangkat pembelajaran karena dalam 1 kelas tiap anak mempunyai gaya belajar yang berbeda-beda," kata Septian Prawijaya. 
 
Acara ini juga dibuka perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten Deli Serdang Arif Budiman, M.Pd. Arif Budiman mengatakan kegiatan pengabdian ini sangat memberikan manfaat bagi pengembangan kemampuan guru di Kabupaten Deli Serdang.
 
"Kami berharap kegiatan semacam ini akan terus dilakukan Unimed dengan guru-guru yang ada wilayahnya karena akan berdampak terhadap peningkatan kualitas pembelajaran di SD yang ada di Kabupaten Deli Serdang," kata Arif Budiman.
 
Hasil dari kegiatan ini guru-guru telah mampu mempraktikkan cara memetakan gaya belajar siswa dan mengembangkan perangkat pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis elektronik yang tepat. Sehingga dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
 
Selain itu diharapkan pada pelaksanaan sesungguhnya di kelas guru mampu menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan sesuai dengan tuntutan kurikulum merdeka yang dicanangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 
 
Pada kesempatan itu tim pengabdian LPPM Unimed juga menyerahkan aplikasi berbasis android yang dapat digunakan guru untuk memetakan gaya belajar siswa.
 
Workshop ini diikuti oleh 40 orang yang terdiri dari pengawas, kepala sekolah dan guru-guru dari 4 SD yang ada di wilayah Dinas Pendidikan korcam Hamparan Perak.