MEDAN - Hingga pemulangan kelompok terbang (kloter) 13, Senin (17/7/2023), 4.623 jamaah haji Debarkasi Medan, sudah kembali ke Tanah Air. Jumlah ini setara dengan 56,63 persen dari total 8.163 jamaah asal Sumatera Utara. Sementara yang masih berada di Tanah Suci sekira 43,37% atau sebanyak 3540 orang. Dari total jamaah Debarkasi Medan ini, sebanyak 36 jamaah yang wafat baik di Tanah Air maupun di Tanah Suci.

Berdasarkan data Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Debarkasi Medan, kloter 13 yang merupakan gabungan jamaah asal Kota Medan, Tebing Tinggi, Batubara, Sibolga dan Labuhan Batu Utara, kembali sebanyak 348 orang. Sebelumnya, saat pemberangkatan lalu, jamaah yang dilepas menuju Tanah Suci sebanyak 350 orang.

Namun dalam rangkaian pelaksanaan ibadah haji, seorang dari kloter wafat atas nama, Lamidi Pujo Sontiko warga Dusun III, Bagan Baru, Tanjung Tiram, Batubara.

Sementara 4 jamaah lainnya masih 'tertinggal' karena harus mendapatkan perawatan intensif di Tanah Suci, masing-masing; Welias manifes 10, Syamsiah Sabas Abdullah manifes 39, Sairin Kromo Setiko manifes 117 dan Chorid Urung Tholib manifes 195.

Selain itu pada kloter 13 ini, terdapat 3 jamaah yang mutasi dari kloter 4 dan 22. Masing-masing; Syamsil Hufa Saragih asal kloter 4, serta Syahrizal Lomo Sagala manifes 110 dan Siti Zamzani manifest 242 dari kloter 22.

Jamaah haji Kloter 13 ini tiba di Asrama Haji sekira pukul 14.00 Wib disambut Bupati Batubara, H.Zahir dan Ketua PPIH Debarkasi Medan, Ahamd Qosbi.

Zahir yang menyambut kepulangan Kloter 13 di aula Madinatul Hujjaj asrama haji Medan menyampaikan semoga jamaah yang wafat diterima Allah amal ibadahnya.

"Kepada jamaah yang masih sakit di Arab Saudi, mari kita doakan cepat sembuh dan kembali ke tanah air," ujarnya.

Ia juga menyatakan bagi jemaah yang tiba di runah masing masing, apabila berobat maka tidak dikenakan biaya atau gratis. Karena mereka adalah tamu Allah yang baru pulang menunaikan ibadah haji.
"Semoga jemaah menjadi haji yang mabrur dan mabruroh," doanya.

Sementara Ahmad Qosbi menyampaikan, pihaknya tetap memberikan pelayanan yang terbaik kepada para jamaah.

"Diharapkan para jamaah haji membawa kedamaian, di keluarga, lingkungan dan tempat kerja. Semoga menjadi haji yang mabrur dan mabruroh," tuturnya.