MEDAN - Universitas Sumatera Utara (USU) melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer untuk jalur Seleksi Mahasiswa Mandiri (SMM) tahun 2023 hari pertama, Sabtu (15/7/2023).


UTBK yang diikuti oleh 6.314 peserta akan mengisi 40 persen daya tampung jalur SMM yang disediakan oleh USU, atau sekitar 2.137 kursi. Pelaksanaan ujian akan berlangsung hingga tanggal 21 Juli 2023 mendatang.

Rektor USU, Prof Dr Muryanto Amin, S.Sos, M.Si, didampingi para Wakil Rektor, Sekretaris Universitas dan panitia UTBK SMM meninjau langsung pelaksanaan ujian di tiga lokasi, yakni di Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU.

Lokasi yang digunakan untuk pelaksanaan UTBK SMM berada di 13 fakultas yang ada di lingkungan USU. Rektor berharap, UTBK dapat berlangsung dengan baik dan lancar hingga hari terakhir.

Jumlah pendaftar untuk jalur SMM USU tahun 2023 menurun jika dibandingkan pada tahun sebelumnya. Hal tersebut disebabkan pada tahun ini USU sudah tidak membuka lagi jalur D3 mandiri. “Kalau dulu jumlah pendaftar SMM sampai 8 ribuan lebih. Saat ini D3 kan sudah masuk ke dalam SNBP dan SNBT, jadi tentu berpengaruh terhadap jumlah pendaftar di jalur SMM,” ungkap Prof Muryanto Amin.

Menurutnya, jalur SMM ini merupakan kesempatan terakhir yang diberikan oleh USU untuk lulusan SMA/SMK yang belum berhasil lulus di jalur SNBP dan SNBT sebelumnya. “Kita berharap semoga yang kemarin belum berhasil bisa masuk USU melalui jalur ini. Semoga seleksi ini juga bisa menjaring mahasiswa yang memiliki potensi meraih prestasi untuk USU,” kata Rektor.

Jalur SMM USU tahun 2023 ini dibuka untuk 49 program studi yang ada di Universitas Sumatera Utara. Dengan jumlah peminat tertinggi sebanyak 1.380 peserta untuk prodi ilmu hukum, 1.257 peserta untuk prodi pendidikan dokter dan 885 untuk prodi manajemen.

Pelaksanaan UTBK diselenggarakan dalam tiga sesi terpisah, yakni sesi 1 yang dimulai pada pukul 06.30 WIB, sesi 2 dimulai pukul 10.15 WIB dan Sesi 3 yang dimulai pada pukul 14.15 WIB. Adapun materi yang diberikan dalam soal UTBK terdiri atas Ujian Potensi Skolastik, Tes Literasi Bahasa Indonesia, Literasi Bahasa Inggris dan Penalaran Matematika. Hasil seleksi UTBK SMM USU akan diumumkan pada tanggal 27 Juli 2023 mendatang.

Menurut Rektor, USU telah melakukan banyak perbaikan dalam sistem keamanan ujian. “Kita sudah memperketat sistem keamanan. Security atau pengawas ujiannya sudah ditambah untuk mengawasi pelaksanaan ujian, sehingga diharapkan tidak terjadi lagi kasus kecurangan seperti pada pelaksanaan ujian sebelumnya. Kita berharap semuanya dapat berjalan dengan lancar, tertib dan aman,” tandasnya.