PALAS - BPC Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Padanglawas (Palas) menggelar Palas Expo di Peringatan Hari Jadi Kabupaten Palas  ke-16 Tahun,17 Juli 2007-17 Juli 2023, di lapangan Maduma Sibuhuan. Gebyar event perdana, Palas Expo yang berlangsung selama tiha hari di mulai 14-16 Juli 2023 dibuka oleh Plt Bupati Palas, drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu didampingi Ketua Umum BPC HIPMI Putra Mahkota Alam Hasiban SE, Jum’at (14/7/2023) ditandai dengan pemukulan gong.
 
Ketua Panitia Palas Expo Hari Jadi Kabupaten Palas ke 16, Risman Hasibuan yang juga Wakil Ketua BPC. HIPMI Palas  mengatakan, kegiatan Palas Expo ini menelan biaya Rp. 622 juta.
 
Bersumber dari dana APBD Palas sebesar  Rp.100 juta dan selebihnya merupakan bantuan dari Plt Bupati dan Ketua BPC.HIPMI Palas, Putra Mahkota Alam Hasibuan.
 
Dikatakan, ada sebanyak 90 stand yang  ikut dalam kegiatan Palas Expo,sudah termasuk 12 stand OPD Pemkab Palas.IntansinVertikal, Perbankan, BUMN dan pedagang UMKM.
 
"Kegiatan  Palas Expo ini bertujuan  mensosialisasikan hasil pembangunan dan potensi daerah kepada masyarakat serta mempromosikan hasil produk UMKM yang ada di daerah setempat," terangnya.
 
Selain itu ,lanjut Risman, Palas Expo ini juga sebagai sarana untuk mempromosikan dan memperkenalkan produk unggulan UMKM.Diharapkan melalui kegiatan ini dapat menarik perhatian investor untuk menumbuh kembangkan kemajuan prekonomian masyarakat dan para pelaku UMKM.
 
Plt Bupati Palas, drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu, berharap, kegiatan Palas Expo ini menjadi ajang sarana promosi dan edukasi bagi masyarakat serta memberikan kontrubusi untuk pengembangan kemajuan para pelaku UMKM.
 
Melalui kegiatan Palas Expo ini,lanjutnya dapat membuka peluang bagi para pelaku UMKM, sehingga berdampak.postif dalam peningkatan prekonomian didaerah yang berkembang pesat untuk mendorong kemajuan daerah untuk mewujudkan Palas Bercahaya.
 
Ia juga berharap, adanya kegiatan puluhan stand di Palas Expo dapat membangkitkan pertumbuhan ekonomi yang mendorong peningkatan transaksi perputaran uang di daerah lebih meningkat lagi.
 
"Saya optimis BPC HIPMI kedepan akan mampu melaksanakan kegiatan Expo yang lebih besar dari saat ini yang berlangsung di lokasi milik HIPMI," harapnya.
 
Menurutnya, kegiatan Palas Expo yang dimotori para pengusaha pengusaha muda dari HIPMI Palas ini membuktikan kehadiran pengusaha muda mampu mengerakan roda ekonomi yang menghimpun para pelaku UMKM hadir di kegiatan Hari Jadi Palas ke 16.
 
"Para pengusaha muda ini sebagai cikal bakal generasi penerus yang akan melanjutkan kepemimpinan di bumi Palas kedepan nantinya," ungkap Plt Bupati.
 
Sementara itu, Ketua BPC HIPMI Palas, Putra Mahkota Alam Hasibuan SE berharap, momentum Palas expo ini menjadi pemersatu untuk bersama sama membangun Palas sesuai dengan cita cita  pejuang tokoh pemekaran.
 
"HIPMI siap bersinergi dengan Pemerintah Daerah dan seluruh stakeholder untuk mendukung kemajuan Kabupaten Palas kedepan sehingga terwujudnya Palas yang bercahaya dengan gerak bersama semua pihak," imbuhnya.
 
Di kesempatan itu juga,Plt Bupati bersama Ketua BPC HIPMI Palas, Putra Mahkota Alam Hasibuan dan  Forkopimda melaksanakan penyerahan 10 ribu bendera Merah Putih kepada Tokoh pemekaran, Kepala Sekolah, Pemuda Pancasila, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama dalam rangka menyambut HUT RI ke 
 
Hadir di pembukaan Palas Expo, Kapolres Palas, AKBP Diari Astetika, SIK,Ketua DPRD Palas, Amran Pikal Siregar,S.Sos, Ketua PN.Sibuhuan dan  Ketua Pengadilan Agama Sekda, Arpan Nasution.
 
Tampak juga Ketua MUI Palas,H.Ismail Nasution, para Asisten, Pimpinan Bank Sumut Cabang Sibuhuan,Indra Edison, Pimpinan OPD, Camat, Kepala Sekolah dan Ketua APdes Kabupaten Palas, Hamdani Daulay.