TAPUT - Angkasa Pura II Bandara Internasional Sisingamangaraja XII di Silangit Kecamatan Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara, Kamis, (13/07/2023) melaksanakan Rapat Komite Keamanan dan Keselamatan (K3) Ke-II & Latihan Table Top. Pelaksanaan kegiatan dibuka oleh, Ardon Marbun EGM AP II Bandara Internasional Sisingamangaraja XII dengan peserta para perwakilan dari Polsek Siborongborong, Koramil 18 Siborongborong, Pos SAR Danau Toba, Dinkes Taput, Dinkes Toba, RSUD Taput, RSUD Toba, Petugas Karantina, Maskapai Penerbangan Lion Air, Air Asia & Citilink dll.

"Tujuan dari Rapat Komite Keamanan dan Keselamatan Ke-II & Latihan Table Top adalah supaya masing-masing Anggota Komite yang terlibat saling mengetahui siapa dan bagaimana peran apabila terjadi Insiden yang sebenarnya terjadi, khususnya di wilayah Bandara Internasional Sisingamangaraja XII. Kegiatan tersebut dilaksanakan Sesuai Annex 17," sebut Ardon.

ICAO (Organisasi Penerbangan Sipil Internasional) menyebutkan, Security Safeguarding International Civil Aviation Against Acts of Unlawful Interference (Keamanan Keselamatan Penerbangan Sipil Internasional Terhadap Tindakan Interferensi Melawan Hukum).

Acara di isi dengan berbagai pengarahan serta presentase berbagai program kegiatan penyelamatan dan antisipasi bila terjadi berbagai permasalahan yang harus dihadapi dan diselsaikan.

Kegiatan ini diisi dengan sesi tanya jawab dari seluruh peserta supaya masing-masing anggota mampu memahami Protap yang berlaku yang selanjutnya dirangkum dalam sebuah Dokumen untuk dijadikan sebagai pedoman.