Toba - Babak kualifikasi Pra PON (Pekan Olahraga Nasiol) ke - 21 tahun 2023 digelar di Danau Toba Bontean (venue F1H2O) Kecamatan Balige Kabupaten Toba.Pra PON ini sesuai jadwal berlangsung dari 02 Juli 2023 dan berakhir pada 09 Juli 2023 dengan mempertandingkan 3 cabang olahraga Air yakni Ski Air, Wakeboard dan Wakesurf. Di event Pra PON ke XXI tahun 2023 yang digelar oleh Pemprov Sumut PT. Toba Pulp Lestari,Tbk (PT.TPL,Tbk) turut andil ambil bagian dengan memberikan kontribusi dukungannya sebagai sponsorship dengan memberikan dukungan bantuan dana sebesar Rp.50 Juta.

Dukungan bantuan diberikan untuk mendukung suksesnya pelaksanaan event babak kualifikasi Pra PON.

Bantuan dukungan diserahkan langsung kepada Pemerintah Kabupaten Toba atas nama Bupati Toba yang penerimaannya diwakili oleh Jonni Lubis Asisten II Pemerintah Kabupaten Toba bersama Jefri Maradona Kepala Bagian Perekonomian yang diserahkan perwakilan Management Perusahaan melalui Manager Humas TPL Jerry Tobing didampingi staff Suarno Simatupang, Harapanto Sinaga dan Jansen Joshua.

Jerry Tobing selaku Manager Humas perwakilan Management TPL dalam keterangan pers tertulisnya yang diterima www.gosumut.com Senin, (10/07/2023) menyampaikan, dukungan yang diserahkan merupakan bentuk kepedulian TPL untuk mendukung bidang pariwisata dan ekonomi di wilayah operasional perusahaan.

“Kita berharap semua atlet yang bertanding akan menampilkan performa terbaiknya untuk meraih medali juara serta harapan kedepannyabdari event ini akan melahirkan atlet-atlet baru khususnya dari Kabupaten Toba".sebut Jerry.

Di akhir babak final pertandingan, perwakilan management TPL diberikan kehormatan mengalungkan medali Perak dan menyerahkan sertifikat juara kepada kontingen Provinsi Jawa Barat di kategori lomba Overall.

Berdasrkan data dan informasi yang berhasil himpun www.gosumut.com untuk babak kualifikasi Pra PON ke - XXI tahun 2023 ini mempertandingkan 15 nomor kategori Lomba dengan memperebutkan 45 medali terdiri dari emas, perak dan perunggu dan lomba ini sebagai ajang pemanasan demi memastikan diri lanjut masuk ke PON ke - XXI tahun 2024 mendatang.

Berdasarkan Data yang diterima, Event ini melibatkan 230 atlet dari 18 provinsi di Indonesia.kontingen terbanyak berasal dari DKI Jakarta dan Jawa Barat sebanyak 70 atlet (30%) dari total keseluruhan atlet yang hadir untuk mengikuti lomba.

Sementara itu, Patra Manurung yang berusia 38 tahun menjadi satu-satunya atlet yang mewakili Kabupaten Toba dan Provinsi Sumatera Utara dalam kualifikasi Pra PON ke - 21 untuk cabang Ski Air.