MADINA - Ibu-ibu yang tergabung group Nurul Iman di Desa Siobon Julu, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), mengadakan pelatihan Nasyid, Jumat (7/7/2023). Pelatihan nasyid yang digelar ibu-ibu di Desa Siobon Julu dengan beranggotakan 15 orang sebagai bentuk wujud menumbuhkembangkan siyar islami.

Pj Kepala Desa Siobon Julu, Abdul Aziz Nasution mengatakan pelatihan Nasyid yang digelar ibu-ibu salah satu pemanfaatan dana desa tahun 2023 melalui program pemberdayaan desa.

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan keterampilan dan pemahaman masyarakat dalam menggunakan kesenian Nasyid di desa itu.

Para ibu-ibu di Desa Siobon Julu itu juga ingin menumbuhkan semangat masyarakat untuk menggelar kegiatan rutinan grup Nasyid.

"Tujuannya mengasah keterampilan dan menggunggah kembali kegiatan kesenian Nasyid dan memperkenalkan siyar isalami khusunya di Desa Siobon Julu," kata Aziz.

Dia mengungkapkan anggaran dana desa yang dikeluarkan untuk pelatihan Nasyid ibu -ibu ini yang tergabung group Nurul Iman sebanyak Rp 15 Juta. Dan pelatihan yang digelar saat ini sudah berjalan sekira 2 bulan.

"Untuk tahun ini pelatihan Nasyid sebesar Rp 15 juta dan digelar selama ibu -ibu di Desa Siobon Julu pandai dan saat ini sudah sekira 2 bulan berjalan," ujarnya.

Aziz juga mengharapkan ibu-ibu group Nasyid Nurul Iman nantinya tidak hanya eksis di Desa Siobon Julu, akan tetapi siap tampil ditingkat kecamatan mapaun ditingkat Kabupaten.