TAPSEL – PT. North Sumatera Hydro Energy (NSHE) melalui PLTA Batangtoru berupaya mendorong peningkatan kemampuan guru dalam mengoperasikan komputer di Kabupaten Tapanuli Selatan. Supervisor Komunikasi Direktorat Urusan Eksternal PT NSHE, Soeseno Hendro, dalam siaran persnya, Kamis (6/7/2023) mengatakan inisiatif ini sebagai wujud kepedulian dan komitmen perusahaan untuk mendukung perkembangan pendidikan di wilayah ini. Salah satunya bekerjasama dengan SMP Negeri 8 Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan menyelenggarakan program pelatihan komputer bagi para guru.

Program ini akan meliputi serangkaian pelatihan intensif yang mencakup pengenalan dasar komputer, pengoperasian perangkat keras dan perangkat lunak, serta aplikasi pendidikan yang relevan dan dilaksanakan selama 6 hari mulai dari 3 hingga 8 Juli 2023.

Dalam upaya ini, perusahaan berharap dapat mengurangi kesenjangan teknologi dan memastikan bahwa semua guru dan siswa memiliki kesempatan yang sama dalam mengakses pengetahuan dan sumber daya pendidikan yang berbasis komputer.

"Kami sangat menyadari pentingnya kecakapan teknologi dalam pendidikan modern. Melalui inisiatif ini, kami ingin memastikan bahwa guru-guru di Kabupaten Tapanuli Selatan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam mengoperasikan komputer," ujar Manajer Sosial dan Komunikasi PT. NSHE, Arie Dedy.

"Kami berkomitmen untuk mendukung pendidikan dan memperkuat infrastruktur teknologi di wilayah ini," tambahnya.

Penanggung jawab pelaksana program dari Divisi Sosial dan Komunikasi PT. NSHE, Arnida Siregar mengatakan program ini, kerjasama berlangsung secara tripartit. 

"PT. NSHE sebagai koordinator kegiatan, SMP Negeri 8 Sipirok sebagai peserta dan SL Komputer Padangsidempuan sebagai pengajarnya,” ungkapnya.

Pihaknya berharap melalui keterlibatan ini, dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengoperasikan komputer dan pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran.

Langkah ini akan memberikan manfaat jangka panjang bagi pendidikan di Kabupaten Tapanuli Selatan dan membantu mempersiapkan siswa-siswa untuk sukses di era digital.