MEDAN - Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo berharap Polres Tapsel semakin maksimal dalam melayani masyarakat. Harapan tersebut disampaikan Kapolri saat meresmikan gedung baru Mapolres Tapanuli Selatan (Tapsel) secara virtual dari Rumah Sakit Bhayangkara Mas Kadiran, Rabu, (5/7/2023).

Sebelumnya, Polres Tapsel berada di Jalan Sisingamangraja Kota Padangsidimpuan.

Saat ini, Polres Tapsel resmi memiliki gedung baru di seputar Komplek Perkantoran Bupati Tapsel, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapsel.

Resmi beroperasinya Mapolres Tapsel itu ditandai dengan penekanan tombol oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo bersama Kapolda Sumut Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Daniel A Chardin.

"Harapannya setelah Mapolres Tapsel ini diresmikan dapat dilanjutkan dengan kegiatan operasional kepolisian dalam menjaga harkamtibmas di Kabupaten Tapanuli Selatan dengan mengedepankan sikap humanis," ujar Listyo.

Listyo menjelaskan, terbangunnya gedung Mapolres Tapsel berkat dukungan penuh yang diberikan pemerintah daerah, elemen masyarakat, perusahaan serta semua pihak.

"Tentunya setelah peresmian ini personel Polres Tapsel harus meningkatkan sinergitas memberikan pelayanan terbaik karena dukungan dan harapan masyarakat yang begitu besar," jelas Listyo.

Pada kesempatan itu, eks Kabareskrim Polri itu menitip pesan kepada seluruh personel Polres Tapsel untuk merealisasikan seluruh harapan-harapan masyarakat.

Sehingga keberadaan polisi betul-betul dapat dirasakan masyarakat dalam penjagaan harkamtibmas.

"Saya pesan kepada selurub personel Polres Tapsel dapat menjaga hati masyarakat dan memberikan penindakan hukum secara tegas berkeadilan dan humanis," tegasnya.

Sementara itu, Kapolda Sumut, Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak, di hadapan Kapolri melaporkan pembangunan Mapolres Tapsel berjalan selama dua tahun mulai 2021 hingga 2023 dengan anggaran mencapai Rp30,6 milliar.

"Hari ini, terima kasih Pak Kapolri keberadaan Mapolres Tapsel telah resmi beroperasi. Proses pembangunan mako dapat berjalan atas dukungan dari semua pihak," pungkasnya.