MEDAN - Setelah menunaikan rangkaian ibadah haji di Tanah Suci, jamaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 1 asal Mandailing Natal (Madina) akan tiba di Bandara KNO, Selasa (4/7/2023) sekira pukul 20.45 Wib. "Kloter 1 kembali ke Tanah Air 4 Juli," ujar Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sumut, Ahmad Qosbi, Minggu (2/7/2023).

Ia menyebutkan, jamaah haji kloter 1 ini direncanakan bertolak dari Jeddah pada 4 Juli sekira pukul 08.35 Waktu Arab Saudi dengan menggunakan penerbangan GA 3201.

Sesuai data jadwal debarkasi Medan ujar Ahmad Qosbi yang juga Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Medan, jumlah jamaah yang tergabung dalam kloter 1 ini sebanyak 354 orang dan 4 orang petugas kloter.

Sedangkan untuk kesiapan Debarkasi Medan, sejauh pada prinsipnya tidak ada kendala. Karena ini kerjanya rutinitas.

Selanjutnya untuk kloter 2 asal Deli Serdang akan bertolak dari Jeddah pada 5 Juli 2023 sekira pukul 11.20 Wib. Dan akan tiba di Bandara KNO sekira pukul 23.00 Wib dengan 357 jamaah termasuk 5 diantaranya petugas.


9 Jamaah Wafat di Tanah Suci

Dalam rangkaian ibadah haji 1444H tahun ini, hingga 2 Juli 2023 tercatat sebanyak 9 jamaah asal Sumatera Utara yang wafat di Tanah Suci.

Para jamah tersebut, Martono Mujioto Suwarno (61) warga Jalan Brigjen Katamso Gang Perbatasan Baru, Medan Maimun. Taufik Edi Syahputra (59) warga Jalan Ismail Lk VI Limau Mungkur Binjai Barat, Kota Binjai.

Satiyem Murngail Abdullah (87) warga Lingk IV Sidosari Luhur Tanjung Selamat Batang Serangan Langkat. Hasan Basri (86) warga Dusun Tanjung Tiram, Kualah Hilir Kualah Leidong, Labuhan Batu Utara dan Ani Misrah (56) warga Eka Budi, Gedung Johor, Kota Medan.

Sudamo Ali Muaris (60) warga Dusun IIIB Limau Manis Tanjung Morawa, Deli Serdang, Abdul Hakim (64) warga Jalan Mesjid Taufiq Kelurahan Tegal Rejo Kecamatan Medan Perjuangan, Muzerah Asnawi Maula (66) warga Jalan Setia Budi Gang Rambe Kelurahan Tanjung Sari Kecamatan Medan Perjuangan.

Kemudian Suhaimi Aris Kliwon (74) warga Tangguk Bongkar II Tegal Sari Mandala II Medan Denai. Selain itu 4 jamaah yang wafat di Tanah Air.