PALAS - Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Padanglawas (Palas) melakukan pemeriksaan kesehatan hewan ternak seperti, lembu, kerbau dan kambing untuk hewan kurban di Hari Raya Idul Adha 1444 H/2023 M. Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Palas, Agus Salim Hasibuan SPt mengatakan, hewan kurban untuk kebutuhan Hari Raya Idul Adha didata ketersedian dan dilakukan pemeriksaan kesehatannya.

Pihak Dinas Perikanan dan Peternakan melakukan kegiatan cek langsung ke beberapa lokasi penampungan dan penjual hewan ternak guna memastikan kesehatan hewan kurban merupakan hewan yang sehat dan layak komsumsi.

"Kegiatan pemeriksaan kesehatan hewan kurban ini dilakukan agar masyarakat yang mengkonsumsi daging hewan kurban dalam keadaan sehat,"terang Agus, Rabu (28/6/2023).

Kata Agus Salim, dengan adanya pemeriksaan kesehatan hewan ini tentu kekhawatiran adanya hewan ternak yang dijadikan kurban tidak dalam kondisi sakit karena bisa menyebarkan penyakit terhadap manusia maupun hewan ternak lainnya.

"Pihak Dinas Perikanan dan Peternakan juga melaksanakan sosialisasi ke masyarakat peternak dan penampung hewan tentang penangganan hewan yang baik dan benar," ungkapnya.

Ditambahkan, tim dokter hewan dan petugas medik veteriner Dinas Perikanan dan Peternakan Palas juga turun langsung kelokasi kandang peternak untuk melakukan pemeriksaan kesehatan hewan yang dikhawatirkan ada yang sakit dan lainnya yang dapat menyebarkan penyakit hewan baik di lingkungan hewan ternak maupun manusia yang mengkomsumsi daging hewan kurban.

"Dihari H, pada Hari Raya Idul Adha atau hari raya kurban, Kamis (29/6/2023), petugas dari Dinas Perikanan dan Peternakan Palas juga turun langsung ke setiap lokasi pemotongan hewan kurban,"tambahnya.

Agus Salim menambahkan, tujuan turun langsung kesetiap lokasi pemotongan hewan kurban ini guna melakukan pengecekan daging hewan kurban yang disembelih dalam keadaan sehat.

"Hewan ternak yang dijadikan kurban pada Hari Raya Idul Adha harus benar - benar sehat dan tidak kondisi sakit. Pemeriksaan kesehatan hewan paling utama  mmelakukan cek cacing hati sebab dagingnya berbahaya jika dikomsumsi manusia," tandasnya.