TOBA - Satu unit rumah warga Desa Lumban Gaol Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, terbakar. Selasa (27/6/2023) sekira pukul 09.45 WIB. Rumah yang dihuni Edwar Parapat (35) ini terbakar saat korban sedang tidak berada di rumah, namun 1 orang anaknya tinggal di dalam rumah tersebut.

Kebakaran tersebut kali pertama diketahui Talenta Sinambela tetangga korban yang saat peristiwa terjadi sedang bekerja di kebun dekat rumah Edwar.

Talenta menerangkan, saat itu dia melihat ada kepulan asap yang keluar dari rumah Edwar.

"Melihat hal itu, saya berlari ke rumah Edwar untuk memastikannya. melihat ada api dirumah Edwar, saya berupaya memanggil anak Edwar yang bernama Pernando yang kebetulan berada di dalam rumah agar segera keluar rumah dan Pernandopun berlari jeluar dari dalam rumah," kata dia.

Melihat api sudah menyala, dia berteriak minta tolong hingga warga setempat berhamburan ke lokasi untuk berupaya membantu memadamkan api.

Warga berupaya melakukan pemadaman api dengan peralatan seadanya, menunggu unit Damkar Pemkab Toba hadir yang sebelumnya telah dihubungi oleh warga.

Mendapat laporan dari warga desa Lumbangaol ada peristiwa kebakaran, Kasat Pol PP Toba Harianto Butarbutar,SE langsung memerintahkan personilnya turun untuk melakukan pemadaman dengan menurunkan 3 unit aramada Damkar milik Pemkab Toba.

Sebelum tim Damkar tiba di TKP, kobaran api sudah sempat melalap sebagian bangunan dan perabot di dalam rumah.

Kapolsek Balige melalui Bripka Surya H, menuturkan pihaknya mendapat laporan dari warga desa atas adanya peristiwa kebakaran di desa Lumbangaol dan langsung turun ke TKP.

Setiba dilokasi kita langsung melakukan pengamanan TKP dilanjutkan dengan olah TKP dengan memintai informasi dari korban dan beberapa saksi yang mengetahui peristiwa terjadi.

Dijelaskannya, terjadinya kebakaran diduga kuat berasal dari korsleting hubungan arus pendek listrik.akibat peristiwa ini kerugian korban ditaksir sekira Rp.100 Juta.disaat peristiwa terjadi tidak ada menelan korban jiwa.guna mendalami perkara ini kami masih melakukan penyidikan dan penyelidikan lebih lanjut.

Kepada seluruh lapisan masyarakat, kami mengimbau tetap berhati-hati dan selalu waspada akan potensi terjadinya kebakaran.tetap pantau dan periksa jaringan kabel arus listrik di setiap rumah masing masing.pastikan rumah dalam keadaan baik dan aman disaat akan ditinggal pergi, demikian juga berbagai perabotan listrik rumah tangga sehingga terhindar dari potensi akan terjadinya kebakaran, pungkas Bripka Surya.

Terpisah, Kepala Desa Lumban Gaol, melalui Sekretaris Desa Lumban Gaol Ronni Tambunanenyebutkan, atas oeristiwa ini kami penerintah desa sudah melaporkannya ke pemerintah Kecamatan dan instansi terkait.

Terkait untuk pemeriksaan secara Hukum pihak Kepolisian sudah melakukan olah TKP dan Dinas Sosial sudah datang melakukan pengecekan.

Atas respon cepat Damkar Toba kami mengucapkan terima kasih yang telah memberikan atensi untuk dengan cepat menurunkan timnya untuk memadamkan api berikut masyarakat setempat atas upaya gotong royongnya bersama, sebut Ronni seraya mengimbau warga untuk selalu mewaspadai terjadinya kebakaran.