LABUHANBATU - Kapolres Labuhanbatu AKBP James H.Hutajulu dan Bupati Labuhanbatu Utara Hendrianto Sitorus menerima penghargaan dari Komnas Perlindungan Anak (Komnas PA). Apresiasi yang diberikan oleh Ketua Umum Komnas PA, Aris Merdeka Sirait tersebut atas keberhasilan Polres Labuhanbatu dalam mengungkap kasus kekerasan dan kejahatan seksual anak dilingkungan Pendidikan pada bulan Mei 2023 lalu.
 
"Saya hadir di Polres Labuhanbatu ini memberikan penghargaan atas keberhasilan ungkap kasus kejahatan seksual dan kekerasan kepada anak di wilayah hukum Labuhanbatu ini," kata Aris Merdeka Sirait, Rabu (21/6/2023) di Rantauprapat.
 
Penyerahan penghargaan tersebut dilaksanakan di Aula Yan Piter, Polres Labuhanbatu dihadiri oleh Sekda H. Muhammad Suib dan sejumlah Pejabat Pemkab mewakili Bupati Labura.
 
Selain Kapolres dan Bupati Labura, Kasat reskrim polres labuhanbatu AKP Rusdi marzuki juga menerima penghargaan termasuk 9 orang personil Polres Labuhanbatu dari Satreskrim dan UPPA.
 
Kasus yang sempat viral itu sebelumnya menarik perhatian Aris Merdeka Sirait. Kemudian ia melakukan pengamatan dan penelitian terkait peristiwa yang ditangani oleh Polres Labuhanbatu tersebut
 
Dalam kesempatanya, Aris mengungkapkan bahwa ia merasa takjub dengan kerja cepat dalam proses penanganan kasus anak oleh Personil Polres Labuhanbatu dibawah kepimpinan AKBP James H Hutajulu.
 
 Aris menambahkan bahwa penghargaan yang diberikannya saat ini sejalan dengan harapannya agar kasus anak yang berhasil diungkap ini tidak terjadi lagi.
 
Ini juga menjadi awal menyusun langkah strategis terkait penanganan kasus anak untuk lebih efektif seperti halnya program trauma healing yang dilakukan Polres dan Pemkab Labuhanbatu Utara, sebut Aris.
 
Sementara itu, Kapolres Labuhanbatu AKBP James H.Hutajulu menjelaskan bahwa penindakan hukum yang dilakukan mereka tak lain merupakan amanah dari Kapolri dan juga Kapolda untuk menindak lanjuti kasus kepada kelompok rentan seperti anak, wanita, disabilitas maupun lansia.
 
"Kedepannya kami bersama Komnas PA dan Pemkab Labura akan terus bersinergi untuk menuntaskan persoalan - persoalan menyangkut anak - anak," ujar kapolres.