MEDAN - Tokoh masyarakat Aceh mendukung sepenuhnya pembentukan Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Hutan Tanaman Rakyat Mandiri Indonesia Aceh Tenggara (DPD-AHTRMI-Agara). Tokoh masyarakat Aceh, Armen Desky menyampaikan dukungannya tersebut di hadapan Koordinator AHTRMI Sumut-Aceh Muhammad Yusuf Sani Tijue, Ketua DPD-AHTRMI Agara, Saiful Irham Saraan beserta Cooporate, Arya Impun Diapari.

"Saya sangat berterimakasih atas terbentuknya lembaga AHTRMI di Agara. Apalagi lembaganya berjuang buat kemaslahatan masyarakat," ujar Armen Desky di Medan pada Rabu, (21/6/2023).

Eks Bupati Aceh Tenggara ini menjelaskan, dirinya sangat memahami lembaga tersebut yang berkonsentrasi di bidangp perternakan, perlindungan kehutanan, koperasi, pariwisata dan pembangunan fisik (PUPR).

"Tentunya kita mengapreasisi anak bangsa yang memiliki visi-misi yang berpotensial membangun ketahanan pangan," jelasnya.

Selain itu, mantan Birokrasi dan Politikus yang pernah duduk di senayan mewakili masyarakat Aceh di Parlemen (DPR-RI) Ini dengan lugasnya menimpali pertanyaan terkait ketahanan pangan di Aceh, khususnya Agara.

"Sangat setuju dan mendukung sepenuhnya karena saya memahami tujuan lembaga AHTRMI yang merupakan mitra kerja pemerintah terkait," ungkap ayah lima anak yang sukses menata Kabupaten Agara tersebut.

Kata kuncinya, sebut Armen Desky dapat menumbuhkembangkan sektor ketahanan pangan yang sangat berkaitan dengan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat adil makmur.

Sementara Ketua Umum AHTRMI, Basyaruddin Siregar mengatakan, menjalankan roda organisasi, khususnya AHTRMI harus tulus dan iklas sesuai visi-misi, berkaitan dengan kodrat alam yang harus dijaga kelestariannya, karena alam berkaitan dengan sumber kehidupan.

Senada dengan itu, Koordinator wilayah Sumut-Aceh, Mhd Yusuf Tijue, mengatakan, pada 4 Agustus 2009 AHTRMI dideklarasikan oleh Menteri Kehutanan MS Kaban di Kota Batam, Kepulauan Riau.

Pada tanggal 30 Agustus 2009 Asosiasi Hutan Tanaman Rakyat Mandiri Indonesia resmi diaktakan dan langsung diproses pendaftaran ke Dep.Huk& Ham Oleh Notaris.

Dan atas prakarsa Basyaruddin Siregar dan kerja keras yang dilakukannya dengan berbagai macam tantangan, maka resmi pula pada 3 Desember 2009 kepengurusan Asosiasi Hutan Tanaman Rakyat Mandiri Indonesia dilantik oleh Menteri Kehutanan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan.

AHTMRI yang didukungan 7 lembaga Kementerian ini telah mengibarkan benderanya di 21 Provinsi dan kabupaten/kota.

"Kemaren sedikit kendala dengan pristiwa covid 19. Namun pesan Ketua umum bapak Basyaruddin Siregar, agar Indonesia yang merupakan negera agraris harus dihijaukan kembali bekerja sama dengan pemerintah dan masyarakat sesuai visi misi AHTRMI," jelas Yusuf yang akrab disapa Sani.

Sementara itu, Ketua terpilih DPD AHTRMI Agara, Saiful Irham Saraan berjanji akan mengimplmentasikan visi-misi AHTRMI di AGARA.

"Caranya dengan bekerja sama dengan Pemkab dan semua lapisan masyarakat menuju Indonesia hijau dan surplus ketahanan pangan dengan kerja keras aktifitas pertanian/peternakan serta pelestarian hutan, pariwisata sesuai visi-misi," pungkasnya.