PALAS - Lingkungan II,Kelurahan Pasar Sibuhuan, menerima penghargaan juara I dalam lomba  Satuan Keamanan Lingkungan (Sat Kamling) jajaran Polres Padanglawas (Palas). Selain Kelurahan Pasar Sibuhuan, untuk tingkat desa juara diraih Desa Tanjung Botung, Kecamatan Barumun.
 
Sukses dan keberhasilan meraih juara I Sat Kamling bagi Kelurahan Pasar Sibuhuan ditandai dengan penyerahan piagam penghargaan oleh Kapolres Padanglawas,AKBP Indra Yanitra Irawan,SIK,M.Si usai kegiatan apel bersama Sat Kamling dilapangan Mapolres Palas, Rabu (21/6/2023).
 
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dalam amanatnya yang dibacakan Kapolres Palas, AKBP Indra Yanitra Irawan,SIK,M.Si  menyampaikan, terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada jajaran korbinmas Baharkam Polri dan seluruh pihak yang mendukung terselenggaranya kegiatan tersebut.
 
"Apel yang dilaksanakan merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat upaya revitalisasi Satkamling dan mengoptimalkan peran awak Satkamling," ujar Kapolres mengutip amanat Kapolri.
 
Satuan keamanan lingkungan (Satkamling), lanjut Kapolres adalah  bentuk Pam Swakarsa yg berada dibawah lingkungan Polri yg telah diatur dalam Pasal 3 ayat (1) huruf C UU No.2 tahun 2002 ttg Polri dan Perpol No.4 tahun 2002 ttg Pam Swakarsa.
 
"Satkamling adalah garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW pada Keluarahan/Desa sehingga kehadirannya mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat lakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yg prediktif", tambahnya.
 
"The most powerful security system is the one you build within your self. Sistem keamanan paling kuat adalah sistem yang ada bangun didalam dirimu sendiri. Sehingga solidaritas warga adalah kunci utama kesuksesan penyelenggaran Satkamling serta sinergi dengan TNI-Polri", ujar AKBP Indra Yanitra Irawan.
 
Terkait menghadapi agenda Pemilu tahun 2024, Kapolres juga meminta, agar kehadiran Satkamling harus betul-betul bisa menjadi cooling system dilingkungannya masing-masing, jangan ada perpecahan karena perbedaan pilihan.
 
Sebelumnya Plt Bupati Palas, drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu,C.Ht,MM,M.Si,MH mengingatkan, komponen masyarakat ditingkat kelurahan dan desa untuk selalu berperan aktif menjaga kekondusifan yang aman dan nyaman.
 
"Kehadiran Satkamling merupakan representasi ditengah masyarakat dalam upaya membantu Polri dalam menjaga Kamtibmas," ujar Plt Bupati.
 
Ditambahkan, peran Satkamling tidak hanya sampai disini namun harus berlanjut untuk menjadi kebutuhan atau kepentingan bersama.
 
"Jika ada permasalah terkait keamanan dan ketertiban warga agar dapat diselesaikan di Sat Kamling bersama dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa dengan melakukan kolaborasi yang aktif," harapnya.
 
Sementara itu, Lurah Pasar Sibuhuan, Indra Gumaya Hasibuan mengatakan, penghargaan prestasi juara I Sat Kamling ini menjadi motivasi bagi warga untuk terus meningkatkan dan menjaga situasi kamtibmas yang aman di lingkungan masing -masing.
 
"Jadikan piagam penghargaan ini untuk terus membangun kolaborasi dengan TNI-Polri untuk terus meningkatkan dan menjaga kamtibmas yang aman dan kondusif," pintanya.
 
Indra Gumaya berharap, elemen masyarakat terus berperan aktif dalam mendukung keamanan yang memberi kontribusi positip dalam membangun kearifan lokal sehingga berdampak untuk pembangunan kedispilinan dalam menjaga kamtibmas.