SIMALUNGUN - Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan Mayjen TNI A. Daniel Chardin membuka turnamen piala Pangdam Cup 2023 di Lapangan Koramil Model 08/Bangun, Kodim 0207/Simalungun, Jln Asahan Km 5,5, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Kamis (15/6/2023). Turnamen Sepak Bola Union Pangdam I/BB Cup 2023 hari ini resmi dimulai ditandai dengan kick off oleh Mayjen TNI A Daniel Chardin, SE, MSi. Kompetisi tersebut mempertemukan klub dan pemain terbaik yang ada di Sumatera Utara.
 
Pangdam Mayjen TNI A. Daniel Chardin mengatakan, turnamen ini bisa menjadi cikal bakal untuk membangkitkan kembali gairah sepak bola di Sumatera Utara yang saat ini minim kompetisi.
 
"Persepakbolaan di Sumatera Utara saat ini sedang mengalami kemerosotan, apalagi PSMS Medan yang menjadi kebanggaan kita sudah tidak masuk BRI Liga I. Melalui even ini diharapkan sepak bola di daerah kita bangkit kembali," ucap Pangdam. 
 
Selain itu, Pangdam optimistis turnamen yang dihelat bisa memicu animo untuk digelarnya event-event berikutnya, sehingga outputnya akan mampu meningkatkan prestasi persepakbolaan, tidak hanya di tingkat daerah atau nasional, tapi juga pada tingkat internasional.
 
"Dari turnamen ini diharapkan akan lahir bibit-bibit sepak bola berbakat dan berprestasi yang mampu membawa nama baik Sumatera Utara," ujar Pangdam.
 
Sementara itu, Kapendam I/BB Kolonel Inf Rico J Siagian, SSos menambahkan, turnamen yang digelar, selain melahirkan bibit atlet berprestasi, diharapkan terciptanya solidaritas antar pesepakbola dan sebagai sarana silaturahmi antara Kodam I/Bukit Barisan khususnya Korem 022/Pantai Timur dengan berbagai komponen masyarakat, pungkasnya.
 
Pembukaan, sejumlah PJU TNI-Polri dan unsur Forkopimda turut melakukan kick off. Tampak hadir diantaranya, Danrem dan para Dandim Rem 022/PT, Danrindam I/BB, Kapolres Simalungun, Dirut PT STTC, Wakil Bupati Simalungun, Walikota Pematangsiantar, Ketua KONI Sumut dan Pematangsiantar-Simalungun.