TOBA - Hari pertama Jumat, (2/6/2023) pelaksanaan pertandingan Kejuaraan Kabupaten (Kejurkab) Forki Toba Bupati Toba Cup-II Tahun 2023 di pendopo rumah Dinas Bupati Toba sukses digelar. Dari 42 Kelas pertandingan yang di persiapkan, 4 kelas usia pertandingan yakni kelas usia Dini, Prapemula, Pemula dan Cadet. Sedangkan untuk kelas usia junior dan kelas under 21 tahun serta perorangan akan dilanjutkan pertandingannya Sabtu, (3/6/2023) yang dimulai pukul 08.00 Wib hingga selesai.
 
Penutupan Kejurkab direncakanan akan ditutup Bupati Toba Ir.Poltak Sitorus dengan didampingi Wakil Bupati Toba Tonni M Simanjuntak,SE yang juga Ketua Umum Forki Toba.
 
Dari 395 Atlit Karate yang bertanding di 42 kelas pertandingan berasal dari 7 Perguruan Cabang Karate se Kabupaten Toba di hari pertama pertandingan sebayak 196 Karateka Putra dan 16 Karateka Putri telah selesai dipertandingkan dan telah menghasilkan juara di masing masing kelasnya.
 
Para karateka peraih juara 1, juara 2 dan juara 3 bersama oleh panitia pertandingan di pengujung akhir hari pertama pelaksanaan Kejurkab telah diberikan medali juara kepada masing masing karteka peraih juara.
 
Demikian disampaikan Ketua Panitia Candra Sirait melalui Sekretaris Panitia Sabar Siagian.
 
Sebelumnya untuk pembukaan dan peresmian pelaksanaan kejurkab Forki Toba Bupati Toba Cup-II tahun 2023 dihadiri dan dibuka Sekda Kabupaten Toba Drs.Augus Sitorus mewakili Bupati Toba yang didampingi Sekretris Dinas Pendidikan Sandi Sibuea serta dihadiri langsung Ketua KONI Toba Maradona Siregar yang didampingi Sekretaris Helmut Simanjuntak.
 
Dalam amanah Bupati yang disampaikan Sekda meminta agar, semua atlet Karate se Kabupaten Toba yang bertanding di Kejurkab Forki Toba Bupati Cup-II Tahun 2023 bertanding dengan penuh semangat dan tetap memegang teguh semangat sportifitas olah raga Karate.
 
Raih prestasi terbaik, kibarkan bendera Toba di berbagai iven karate yang dipertandingkan, untuk karateka yang bertanding di Sea Games tahun 2023 di Kamboja yang walaupun belum berhasil meraih medali emas, patut bangga dan semoga di ajang berikutnya bisa menorehkan prestasi terbaiknya untuk mengharumkan nama baik Indonesia khususnya Pemkab Toba, ujarnya.
 
Candra Sirait dalam sambutannya menyebutkan, peserta Kejurkab Forki Toba tetdiri dari 7 Cabang Perguruan dari 9 cabang perguruan anggota Forki Toba yang diantaranya Perguruan Karate KKI, SHIROITE, Tako Indonesia, INKANAS, GojuAss, Keishinkhan dan Perguruan Karate Gokasi. 
 
Suksesnya pelaksanaan kegiatan inj tidak lepas dari dukungan dari beberapa perusahaan swasta yang beroperasi di Toba. Di antaranya PT.TPL,Tbk, PT.INALUM (Persero), PT.BDSN (Bazra Daya Sentra Nusa), PT.Jasa Tirta.
 
"Kami dari panitia mengucapkan terima kasih atas dukungan dan sumbangsihnya serta berharap di tahun tahun yang akan datang jangan bosan untuk membantu dan memberikan dukungannya untuk kami secara khusus kepada Forki Toba untuk menyelenggarakan kejuaraan yang lebih besar lagi," ujarnya.
 
Ketua harian Forki Toba Marimbun Marpaung mewakili Ketua Umum dalam sambutannya menyampaikan, pelaksanaan Kejurkab Forki Toba Bupati Toba Cup-II Tahun 2023 adalah tindak lanjut dari pelaksanaan Kejurkab Forki Toba Bupati Toba Cup-1 yang digelar pada tahun 2022 lalu yang merupakan agenda kerja Forki Toba bagi cabang perguruan karate anggota Forki Toba.
 
Kegiatan ini lanjutnya juga sebagai ajang seleksi dan penjaringan atlet karate untuk menjadi bibit karateka dalam menghadapi berbagai iven atau Kejuaraan yang akan digelar di tingkat wilayah, propinsi/Kejuaraan Daerah (Kejurda) dan tingkat Nasional. Khususnya persiapan dalam menghadapi Kejurda Forki Sumut tahun 2023 yang tidak lama lagi akan digelar Forki Sumatera Utara.
 
Sementara Ketua KONI Toba Maradona Siregar dalam sambutannya menyebutkan, pada prinsipnya KONI Toba tetap mengapresiasi dan mendukung kegiatan yang di gelar Forki Toba.
 
KONI Toba lanjutnya, sebagai induk organisasi olahraga di tingkat daerah Kabupaten Toba akan memberikan dukungannya sesuai dengan kemampuan anggaran yang dimiliki.