SIBOLGA - Sebanyak 49 jamaah calon haji (calhaj) Kota Sibolga pagi tadi dilepas keberangkatan Pemko Sibolga bersama dengan Forkopimda menuju Asrama Haji Medan (Ahmed). Pelepasan keberangkatan itu dilangsungkan di halaman Masjid Agung Kota Sibolga, Sabtu (3/6/2023). Sekretaris Daerah Pemkot Sibolga, M.Yusuf Batubara mewakili Walikota Sibolga, H.Jamaluddin Pohan meminta seluruh jamaah agar tetap sabar dan berserah diri kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dalam melaksanakan seluruh rangkaian rukun haji di Tanah Suci. 
 
Selain itu, ia juga menyampaikan agar para jamaah tetap menjaga kesehatan selama berada di Tanah Suci, mengingat kondisi cuaca panas tengah melanda Kota Mekkah. 
 
"Perbanyak minum air putih agar terhindar dari dehidrasi," ujarnya seraya menambahkan agar para jemaah haji kota sibolga tetap berkoordinasi dengan petugas medis jika merasakan keluhan terkait kesehatan.
 
Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Sibolga, Bahrum Saleh menjelaskan jamaah asal kota Sibolga yang berangkat tahun ini terdiri dari 19 orang laki laki dan 30 jamaah wanita.  
 
Lanjutnya menjelaskan, jamaah asal Kota Sibolga tergabung dalam kloter 13 bersama calhaj dari Kabupaten Batubara. Kemudian akan bertolak dari Asrama haji menuju Kota Madinah melalui Bandara Kualanamu, Deli Serdang pada Senin (5/6/2023).
 
Ia berharap para jamaah haji asal kota Sibolga yang berangkat tahun ini bisa menyelesaikan seluruh rukun haji ditengah kondisi suhu yang mencapai 51 celicius. 
 
"Mari kita doakan semoga jemaah haji Kota Sibolga dapat gelar haji mabrur" ujarnya
 
Pantauan di halaman Masjid Agung Kota Sibolga, rombongan calhaj ini berangkat menuju bandara FL Tobing sekitar pukul 09.00 WIB dengan menaiki mobil minibus yang disediakan Pemko Sibolga dengan pengawalan dari satuan lalu lintas Polres Sibolga.