PALAS - Plt  Bupati Padanglawas, drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu,C.Ht,MM.M.Si,MH  melepas pemberangkatan 360 calon jamaah haji (calhaj) bertolak dari daerah menuju Asrama Haji Medan (Ahmed). Pelepasan Calhaj berlangsung di halaman  Masjid Agung Al Munawwaroh Sibuhuan, Kamis (1/6/2023) malam.

Jamaah yang dilepas berada dikelompok terbang (Kloter) 11 dengan rincian 352 calhaj reguler  ditambah 8 petugas haji yang jumlah menjadi 360 orang. 

Para calhaj itu diberangkatkan menggunakan 11 bus angkutan umum Barumun yang dikawal iringan Patwal dari Polres Palas dan Dinas Perhubungan Kabupaten Palas.

Plt Bupati Palas menyampaikan, selamat kepada para calhaj yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah untuk menunaikan rukun Islam kelima.

“Keberangkatan ini patut disyukuri karena masih banyak saudara-saudara kita yang belum bisa menunaikan rukun Islam yang kelima. Bahkan, ada juga yang sudah mendaftar, akhirnya gagal berangkat karena berbagai kendala,” ujar Plt Bupati.

Ia juga mengajak, para calhaj selalu berdoa agar diberikan kesehatan dan keselamatan dalam menunaikan ibadah haji. 

"Kepada para calhaj untuk menjaga kesehatan,kekompakan serta disiplin mengikuti arahan dan petunjuk dari petugas pembimbing haji, baik dalam kegiatan ibadah maupun berinteraksi dengan jamaah lainnya,"pesannya.

Selain itu, lanjut Plt Bupati, selalu menjaga kesehatan agar seluruh pelaksanaan ibadah haji dapat tertunaikan, baik yang wajib maupun yang sunahnya, serta bisa kembali pulang ke tanah air  dengan menyandang gelar haji yang mabrur dan mabruroh,” ujar H.Ahmad Zarnawi Pasaribu.

Plt Bupati juga berpesan, kepada para petugas haji agar dapat menjalankan tugas sebaik-baiknya dalam memberikan pelayanan terhadap para calhaj dengan baik dari mulai keberangkatan sampai pulang ketanah air nantinya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Palas, H.Abdul Manan,MA menjelaskan, pada 2023 ini ada 402  calhaj yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci, terbagi dalam kloter11 dan  kloter 17 yang bergabung dengan Kabupaten Serdang Bedagai serta Kota Medan.

“Untuk kloter 11 yang berangkat dan dilepas dari daerah malam ini  berjumlah 352 orang calon jamaah haji, ditambah delapan orang petugas. Jadi, total yang diberangkatkan  sebanyak 360  orang,” ujar H.Abdul Manan.

Sementara untuk calhaj yang tergabung di kloter 11 ada 360 calhaj asal Kabupaten Palas, masuk Ahmed pada 2 Juni 2023 sekira pukul 15.00 WIB dan akan bertolak dari Bandara Kuala Namu Medan menuju Madinah Al Munawwarah pada 3 Juni 2023 pagi. 

Sementara sisanya sebanyak 50 calhaj yang masuk kloter 17  rencananya diberangkatkan pada 7  Juni 2023 dan masuk Asrama Haji Medan tanggal 8 Juni serta terbang ke Arab Saudi pada tanggal 9 Mei 2023.

"Untuk diketahui dari 402  orang calhaj Palas  terdiri dari 159 orang calhaj laki laki dan 243 calhaj perempuan. Sedangkan umur tertua  92 tahun atas nama Tiorun Hasibuan dari Kecamatan Lubuk Barumun  dan termuda 22 tahun atas nama Lely Khairani Lubis dari Kecamatan Hutaraja Tinggi,"tandasnya.


Hadir dikegiatan pemberangkatan Calhaj asal Kabupaten Palas, Sekda,Arpan Nasution,S.Sos,Unsur Forkopimda, Ketua MUI Palas, H.Ismail Nssution,Lc.MTH, para Asisten, Pimpinan OPD,Ketua Baznas Palas,H.Paraduan Tanjung, Camat se Kabupaten Palas dan keluarga pengantar jamaah Calhaj.