MEDAN - Jamaah calon haji (calhaj) yang menunaikan rukun Islam kelima, diminta dan diingatkan agar fokus dan beribadah dengan khusyuk. Sebab ibadah haji memerlukan kesehatan fisik yang prima. Hal itu disampaikan Bupati Labuhanbatu Erik Adtrada Ritonga saat melepas kloter 9 di aula Madinatul Hujjaj asrama haji Medan, Kamis (1/6/2023).
 
"Jangan pikirkan keluarga di Labuhanbatu, biar Bupati yang memikirkan. Semoga kembali dalam keadaan sehat. Semoga menjadi haji yang mabrur dan mabruroh," imbaunya. 
 
Sementara Kakanwil Kemenag Sumut Ahmad Qosbi menyampaikan, disini titik awal berangkat melaksanakan penyempurnaan rukun Islambke lima
 
"Hari ini bapak ibu tamu Allah. Sebagai tamu Allah, berarti yang paling tinggi derajatnya. Karena tamu Allah, harus rendah diri," ujarnya.
 
Kakanwil juga meminta kepada jemaah dan petugas harus saling tolong menolong, bahu membahu, ikat rasa ukhuwah islamiyah.
 
"Kami harap dapat menjalankan seluruh ibadah. Di tempat makbul terutama di Arafah, utarakan kesalahan dan mohon ampun kepada Allah," harap Qosbi.
 
Ia juga kembali menekankan kepada petugas laksanakan tugas dengan ikhlas. 
"Petugas dan jemaah harus kompak. Semoga menjadi haji yang mabrur dan mabrurah," ucapnya.
 
Sementar Humas Kanwilkemenagsu Muhammad Yunus mengatakan, jamaah calon haji kloter 9 berasal dari Karo 10 orang, Labuhan Batu 327 orang, Toab Samosir 8 orang, Medan 3 orang dan Pematang Siantar 1 orang.
 
"Jumlah calon jemaah haji 349 ditambah 8 petugas, jadi 357 orang," katanya.
 
Ia juga menyampaikan, 3 jemaah tunda berangkat karena sakit yaitu Paid Abu Dardo manifest 191, Paijem Sukarmo Abdullah manifest 77 dan Masji Maisaroh Batubara manifest 78. 1 jemaah calon haji dari kloter 7 mengisi seat yaitu Tumi Kemin Saekam manifest 358. 
 
"Pengisian seat dari kloter 8 sebanyak 3 orang yaitu Manizar Zubir Ganjeh manifest 359, M. Yusdri Konadi manifest 349 dan M. Ali Ahmad Abdullah manifest 360," jelasnya. 
 
Dengan begitu, hingga kloter 9 jumlah calon jemaah haji yang sudah berangkat ditambah petugas sebanyak 3.209.