TOBA  - Polres Toba dan jajaran bersama Sie Humas polres Toba mengikuti Video Conference (Vicon) bersama Divisi Humas Mabes Polri Rabu, (31/5/2023). Dialog bertema 'Kemerdekaan Pers dan Perlindungan Jurnalis' menghadirkan pembicara dari Ketua Komisi Hubungan Antar Lembga dan Luar Negeri Dewan Pers Totok Suryanto, Kabid Hukum Mabes Polri Kombes Adi, topik penggalian informsi serta dan dari profesi jurnalistik, DR.Devie Rahmawati serta Kombes Basuki dari Bareskrim Polri.
 
Totok Surianto dalam paparannya, menjelaskan pers itu bukan semata pencari kesalahan namun pencari keseimbangan data dan informasi di jadikan menjadi muatan dalam pemberitaan untuk di komsumsi publik.
 
Kebebasan pers sesuai dengan tupoksi peran tugas dan fungsinya diatur UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Didalamnya juga ditegaskan peran dan tugas fungsi Dewan Pers dalam UU Pokok Pers Nomor 40 tahun 1999 pasal 25 ayat 2.
 
Kegiatan yang melibatkan beberapa pers dari beberapa media yang bertugas di Toba ini juga hadiri Wakapolres Toba Kompol Lamin,S.Pd, Kasie Humas AKP.Bungaran Samosir dan para jajaran Sie Humas Polres Toba.
 
 
Mewakili Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) menyampaikan kasus benturan terhadap jurnalis di lapangan lebih banyak wartawan bersinggungan dengan Polri dan berharap tidak akan terulang dengan peningkatan sistim kolaborasi kerja sama yang baik dalam hal kebutuhan penyebarluasan informasi berita.
 
Kapolres Toba AKBP.Taufiq Hidayat Thayeb,S.H,S.I.K melalui Kasie Humas AKP.Bungaran Samosir dalam penuturannya usai pelaksanaan vidcom menyebutkan sebagai bukti komitmen Polri dalam menjalankan tugas dan tupoksinya sebagai institusi negara dalam perlindungan dan penegakan hukum yang tetap komit menjalin hubungan koordinasi kerja sama dengan perusahaan media.
 
Hal ini menindaklanjuti amanah pimpinan berikut beberapa perjajian kerja sama antara Polri dengan Pers yang sebelumnya pimpinan diatas telah disepakati bersama dengan MoU kerja sama.
 
Hal ini juga sesuai dengan amanah UU Pokok Pers Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers berikut mendukung keterbukaan informasi Publik.
 
Ditambahkan Bungaran, dalam hal ini Pokres Toba di bawah Komando Kapolres Toba AKBP.Taufiq Hidayat Thayeb,S.H,S.I.K tetap komit mendukung berbagai kebijakan dan perintah tugas lainnya yang diperintahkan pimpinan Polri khususnya tentang hubungan koordinasi kerja sama dengan Pers.
 
Ini dibuktikan dengan pemberian berbagai informasi yang dibutuhkan para insan pers terkait akan pemberitaan yang dibutuhkan dalam tugas jurnalistiknya di Mako Polres Toba, tentunya dalam pemberian informasi yang dimintakan seijin dari pimpinan yang dikeluarkan melalui Sie Humas Polres Toba maupun jajaran PJU Polres Toba lainnya.
 
Bahkan Konfirmasi langsung kepada Kapolres Toba yang selalu well come dan terbuka terhadap insan pers untuk kebutuhan informasi yang dibutuhkan. 
 
 
Diakui wartawan yang bertugas di Toba, dimasa kepemimpinan Kapolres Toba AKBP.Taufiq Hidayat Thayeb,S.H,S.I.K perwira Polri yang memangku pangkat w Melati Emas di pundkanya ini, hubungan komunikasi insan pers dengan Kapolres Toba terbilang baik dalam hal pemenuhan kebutuhan berbagai informasi akan berbagai tugas kerja pelayanan yang dilaksanakan di masyarakat oleh Jajaran Polres Toba untuk publikasi media.hingga menerima berbagai saran masukan yang diberikan para insan pers sebagaimana Pers adalah Mitra kerja.
 
 
Dibeberapa kesempatan Kapolres Toba beberapa kali mengundang beberapa insan pers secara bergantian untuk hadir ke ruangan kerjanya untuk berdiskusi tentang upaya peningkatan pelayanan Polri di masyarakat sebagaimana Polri Presisi dan Polri yang dicintai masyarakat sebagai pelayan, pelindung, pengayom dan penegak hukum.