PALAS - Pemerintah Kabupaten Padanglawas(Palas) menggelar apel gabungan Aparatur Sipil Negara(ASN) di halaman SKPD Terpadu Sigalagala Sibuhuan, Rabu (31/5/2023). Plt  Bupati Padanglawas, drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu,C.Ht,MM,M.Si,MH bertindak sebagai pembina apel. Sebelum menyampaikan arahan dilakukan pemeriksaan barisan peserta apel gabungan ASN.
 
"Apel gabungan ini bertujuan  mendorong integritas dan  motivasi peningkatan etos kerja para ASN di lingkup pemerintah Kabupaten Palas," katanya.
 
Dihadapan seluruh ASN, Plt Bupati menekankan, agar ASN dapat menunjukan integritas dalam bekerja karena kunci integritas tersebut adalah jujur, bertanggungjawab dan disiplin.
 
Ia juga meminta, seluruh pimpinan OPD serta jajaran ASN  agar aktif memahami dan menghayati makna dari integritas yang harus dipahami setiap ASN dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) sebagai abdi negara.
 
"Sebagai ASN sudah selayaknya menerapkan rasa kejujuran, tanggungjawab serta disiplin sehingga memcerminkan kepentingan dalam tugas pengabdian," tegas Plt Bupati.
 
Melalui apel gabungan Pemerintah Kabupaten Palas, lanjutnya,setiap ASN harus merasa memiliki tugas dan tanggung jawab untuk kepentingan pekerjaan dengan mengedepan integritas.
 
Kata Plt Bupati, untuk menyikapi  berbagai permasalahan  yang ada di Palas mulai Covid -19, berdampak kendornya kinerja ASN karena bagaikan dinina bobokan.
 
"Di musim Covid -19, abdi negara bekerja dengan suka -suka sehingga mempengaruhui mental kita sebagai ASN," ungkap H.Ahmad Zarnawi.
 
Pasca musim Covid -19, sambungnya muncul permasalahan dinamika politik yang semua tahu dan menjadi saksinya. "Kita yang hadir di kegiatan apel ini rata -rata sarjana dan punya latar pendidikan dan sudah tergolong orang dewasa sehingga harus paham menumbuhkan integritas dalam bekerja," ujarnya.
 
Ditambahkan, arti dari integritas dimaksud dituntut bekerja yang jujur sehingga memiliki nilai yang menunjukan karakter sebagai ASN yang baik.
 
"Ada 3 makna dari integritas tersebut yaitu jujur dalam bekerja yang dilandasi keikhlasan dengan hati nurani dengan memiliki etos kerja yang baik  dan tetap aktif  bekerja.
 
"Bekerja jangan karena penilaian orang lain ,tetapi bekerjalah sesuai tupoksi dengan menunjukan integritas,"ungkap Plt Bupati.
 
Plt Bupati mengajak, seluruh ASN di jajaran Pemkab Palas untuk menumbuhkan kejujuran dengan penuh tanggungjawab untuk tidak melakukan perbuatan buruk.
 
"Jika melakukan perbuatan buruk, tentu akan menerima saksi teguran bahkan mutasi sehingga kedepan jangan  saling menyalahkan satu dan lainnya," pesannya.
 
Ia mengimbau, seluruh ASN harus disiplin bekerja karena kita bekerja sudah ada SOP sesuai  ketentuan dan aturan sehingga perlu memiliki  integitas yang tinggi yang harus ditanamakan didalam jiwa sebagai ASN.
 
"Berikan pelayanan tugas dengan baik dengan  memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan baik, mari tumbuhkan integritas yang harus tetap  melekat setiap diri ASN Pemkab Palas," tambahnya.
 
Sebelum mengakhiri arahannya, Plt Bupati kembali mengingatkan, seluruh ASN harus paham dan merenungi untuk selalu melakukan evalyasi dan intropeksi diri.
 
"Saat ini banyak ASN yang menjadi provokatif sehingga merusak tatanan pengabdian. Harus diingat bahwa ASN memiliki fungsi tugas yang baik sehingga harus melekat pada diri setiap ASN," ujarnya.
 
"Setelah apel gabungan pemerintah Kabupaten Palas ini, akan dilakukan evaluasi bagi setiap ASN guna memcerminkan perbuatan dan perkataan yang baik yang selalu mengkedepankan integritas," pungkasnya.