PALAS - Untuk gelombang pertama jamaah haji yang akan dilepas secara resmi bertolak dari dari sebanyak 352 Calhaj ditambah 8 petugas haji untuk kloter 11. "Insya Allah pada tanggal 1 Juni ,jamaah Calhaj dilepas dari Kabupaten Palas menuju Asrama Haji Medan,"kata Kakak Kemenag Palas, H.Abdul Manan, MA melalui Kepala Seksi Haji, H.Abaror Hasibuan, S.Pd, Senin (29/5/2023) di ruang kerjanya.

Dikatakannya, dari 340 jamaah Calhaj reguler ditambah cadangan urut porsi, lunas tunda dan lanjut usia (Lansia), sehingga berjumlah keseluruhan 352 orang.

Kata H.Abaror, jamaah Calhaj asal Kabupaten Palas harus sudah masuk Asrama Haji Medan tepat pada 2 Juni pukul 15.00 WIB dan terbang ke Arab Saudi pada 3 Juni melalui embarkasi Kuala Namu.

Untuk gelombang kedua,jamaah yang akan dilepas keberangkatan sebanyak 51 orang bergabung dengan Kabupaten Serdang Bedagai dan Kota Medan di Kloter 17.

"Jamaah Calhaj akan dilepas dari Kabupaten Palas menuju Asrama Haji Medan pada tanggal 7 Juni dan masuk Asrama Haji tanggal 8 Juni pukul 20.00 WIB," terangnya.

Selanjutnya, sambungnya, akan terbang ke Arab Saudi tanggal 9 Juni melalui Kloter 17 yang merupakan kloter gabungan Kabupaten Palas, Serdang Bedagai dan Kota Medan.

Ia menambahkan, musim haji tahun 2023 ramah lansia denga komitmen mendukung kebijakan Pemerintah Indonesia kaitannya dengan pelaksanaan program Haji Ramah Lansia pada tahun 1444 H/2023 M.

Selanjutnya, membuat program manasik haji dan umrah yang mendukung terhadap kenyamanan pelaksanaan Ibadah Jemaah haji lansia, melakukan pembinaan manasik haji dan umrah yang menekankan sisi-sisi kemudahan (rukhsah) kepada jemaah haji lansia.

Membantu dan memfasilitasi pelaksanaan ibadah haji jemaah lansia baik di tanah air, perjalanan maupun di Arab Saudi, meniadakan segala aktivitas yang menyebabkan kelelahan dan memperburuk kondisi kesehatan jemaah haji lansia.

Dan menanamkan kesadaran kepada seluruh jemaah haji tentang pentingnya memiliki sifat kepedulian dan empati kepada jemaah haji lansia.

"Untuk Jemaah haji lansia asal Kabupaten Palas sekitar 5 persen dari jumlah keseluruhan sebanyak 403 orang," pungkasnya.