MEDAN - Setelah pemerintah resmi memangkas Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10 persen, permintaan mobil listrik Hyundai Ioniq 5 di Sumut meningkat. Tidak tanggung-tanggung, peningkatan permintaan mobil listrik pabrikan Hyundai itu mencapai 500 persen di Sumut.

Peningkatan permintaan terhadap mobil listrik Hyundai Ioniq 5 di Sumut itu juga dipengahruhi oleh kebijakan subsidi pajak kendaraan listrik.

Branch Manajer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) dealer Hyundai Arista Sisingamangaraja Medan, Johan mengatakan, peningkatan tersebut terjadi sejak tanggal 1 April 2023.

"Setelah Pemerintah resmi memangkas PPN pada mobil listrik sebesar 10 persen atau menjadi hanya 1 persen, pemesanan Ioniq 5 meningkat hampir 500 persen," ujar Johan, Sabtu, (27/5/2023).

Lanjut dijelaskan Johan, subsidi tersebut tentu sangat membantu penjualan Hyundai Ioniq 5.

"Pada pulan April 2023, secara nasional, penjualan Ioniq 5 sudah mencapai hampir 2000 unit. Di Sumut sendiri telah mencapai 30 unit lebih," jelasnya.

Diterangkan Johan, animo masyarakat terhadap Hyundai Ioniq 5 sebelum adanya subsidi sebenarnya tinggi.

"Cuma saja, karena stok atau ketersediaan masih terbatas kemarin, maka penjualan bulan sebelumnya masih di bawah 20," terangnya.

Masih dikatakan Johan, tipe Hyundai Ioniq 5 Signature Long Range merupakan mobil yang paling banyak diminati oleh masyarakat Sumut.

Kemudian, kata Johan, Hyundai Ioniq 5 Signature Long Range itu tipe yang paling tinggi dengan warna gold.

"Mengenai potongan harga PPN yang diberlakukan untuk pembelian mobil listrik Hyundai Ioniq 5 di Sumut sebesar Rp76 juta per unitnya," kata Johan lagi.

Untuk subsidi pembelian mobil listrik ini juga, ungkap Johan, dapat dilakukan secara kredit atau cash.

"Berdasarkan arahan dari pemerintah, subsidi ini akan berakhir pada Desember mendatang," ungkap Johan.

Karenanya, sebut Johan, masyarakat jangan sampai melewatkan kesempatan subsidi ini.

Kemudian, Johan menuturkan, guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan Hyundai Ioniq 5 ini, pihkanya akan menambah stok.

"Dealer Hyundai Arista Sisingamangaraja Medan akan menambahkan ketersediaan mobil listrik Ioniq 5 di Sumut. Ini kita lakukan untuk memenuhi keinginan masyarakat yang mau beralih ke mobil listrik," tuturnya.

Kemudian, selain mobil listrik dengan harga Rp701 juta tersebut, Johan juga memperkenalkan Hyundai Creta Dynamic Black Edition.

Hyundai Creta Dynamic Black Edition ini, kata Johan, memiliki beragam fitur canggih untuk keamanan dan kenyamanan berkendara.

"Mobil listrik ini memiliki eksterior yang sudah tipe prime dengan harga murah, yakni Rp363 juta. Selisih Rp17 juta dari varian atau tipe prime di bawahnya," kata Johan.

Mobil Hyundai Creta Dynamic Black Edition ini, kata Johan, memiliki tampilan macho dengan eksterior warna Midnight Black dan interior serba hitam.

"Cocok untuk millenial," pungkasnya.