MADINA - Dua rumah warga mengalami kerusakan berat diakibatkan pohon beringin berusia ratusan tahun tumbang. Pohon berukuran besar dan tinggi itu roboh sekira pukul 14:00 Wib, Kamis (25/5/2023). Kejadian pohon tua tumbang yang menimpa rumah warga tersebut terjadi di Desa Panyabungan Jae, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal. 

Adapun pemilik rumah diketahui bernama Mahlil (60) dan Khoiriah (58). Disaat kejadian itu pun kedua pemilik rumah sedang berada di luar. 

Kemudian tak satu pun warga sekitar yang menyangksikan bagaimana pohon besar itu tumbang. Namun suara rentekan yang terdengar oleh warga dari rumpun pohon besar tersebut. 

Sementara penyebab tumbangnya pohon besar tersebut juga belum diketahui. Hanya saja karena kondisi pohon besar tersebut diduga sudah lapuk termakan usia. 

"Pohon ini tumbangnya sekitar jam 2 siang tadi, kalau usianya itu sudah tua mungkin sudah berumur ratusan tahun, karena dari leluhur kita pohon ini sudah ada dan diwaktu kejadian pemilik rumah saat itu berada di sawah " kata Pj Kepala Desa Panyabungan Jae, Zainab.

Akibat ditimpa pohon besar tersebut rumah yang terbuat dari kayu itu mengalami luluh lantah. Sementara rumah satu laginya, bagian atapnya remuk dan sebagian dinding beton rumah tersebut retak. 

Zainab menjelaskan akibat pohon tumbang tersebut kondisi kedua rumah warga mengalami rusak berat. Pohon bernama Baringin itu tumbang tak seluruhnya dalam satu rumpun, namun hanya beberapa dangkahan pokok saja. 

"Setelah warga setempat mendengarkan suara rentekan itu langsung kaluar dan terlihat satu pohon besar sudah menimpa atap rumah warga. Dan saat pun belum dikatahui penyebab pohon itu tumbang karena tidak ada hujan dan angin tiba-tiba saja seperti itu, mungkin dikarenakan faktor usia pohon itu  juga," ujarnya.

Sementara akibat kejadian itu tidak ada yang mengalami luka-luka maupun korban jiwa. Untuk saat ini para warga dibantu oleh petugas bencana daerah sudah mengevakuasi pohon tumbang yang menimpa atap rumah warga tersebut. 

"Untuk kerugian akibat pohon besar tumbang tersebut menimpa rumah warga sehinga mengalami rusak parah ditaksir sampai ratusan juta," imbuh Zainab.