MEDAN - Rasa syukur dan haru dirasakan Sakrim Harahap jamaah kelompok terbang (kloter) 2 asal Deli Serdang yang akhirnya bisa menyempurnakan Rukun Islam kelima, menunaikan ibadah haji. Ditemui disela-sela keberangkatan, Kamis (25/5/2023) Sakrim yang merupakan Kepala Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Medan ini mengaku dua tahun tertunda keberangkatan karena pandemi Covid-19.

"Menunggu 11 tahun, daftarnya April 2012. Dan seharusnya berangkat itu tahun 2021. Tapi karena Covid-19, dua tahun keberangkatan tidak ada. Alhamdulillah, dengan keberangkatan ini terharu. Sebab sebagai umat Islam bisa diberikan kesempatan menyempurnakan rukun Islam ke lima. Artinya kita sebagai duyufurrahman, tamu dari Allah pasti kita merasa terharu bisa mendapatkan panggilan," urainya.

Semua umat Islam lanjutnya, memiliki impian bisa menziarahi baitullah.

"Semenjak kita memahami dan mengerti keIslaman, kita punya cita-cita dan mimpi ke sana," ujarnya.

Sakrim menyebutkan karena haji merupakan ibadah ritual, tentunya ia pun akan melaksanakan hal tersebut. Serta meminta ampunan untuk segala dosa-dosa yg pernah dilakukan.

"Kita bisa meningikuti jejak nabi, karena bisa memijakkan kaki di Saudi Arabia, itu adalah sesuatu yang tidak bisa dibayangkan," ujar Sakrim yang mengaku baru pertama kali berkunjung ke Baitullah.

Ia berharap dalam pelaksanaan rukun Islam kelima ini, bisa menjalankan semua syarat dan rukun haji. "Mudah-mudahan menjadi haji mabrur, dan keluarga mendoakan agar bisa dan punya kesempatan mengunjungi baitullah," imbuhnya.