PALAS - Pondok pesantren (Ponpes) Ja'fariyah, Desa Hutaibus, Kecamatan Lubuk Barumun, Kabupaten Padanglawas (Palas) menggelar penamatan santri dan santriwati tahun pelajaran 2022-2023.
Kegiatan penamatan santri berlangsung dihalaman Ponpes setempat, Selasa (23/5/2023) dihadiri Plt Bupati Palas, H.Ahmad Zarnawi Pasaribu dan Ketua MUI Palas, H.Ismail Nasution, Lc,MTH.

Pimpinan Ponpes Al- Ja'fariyah Hutaibus, H Fauzan Hamidy Hasibuan, S.Pdi mengucapkan terimakasih Pemerintah Kabupaten Palas yang telah mendukung kegiatan penamatan santri.

"Terimakasih juga kepada para orang tua murid, atas amanah kepercayaannya memberikan kepada kami (Ponpes AlJ a’fariyah) dalam mendidik anak - anak kita di ponpes ini," katanya.

Ia berharap, semoga ilmu yang diperoleh selama mengikuti pendidikan dapatkan berkah dan bermanfaat bagi pribadi dan masyarakat luas kedepan.

Melalui momen acara penamatan santri ponpes ini diharapkan, dapat meningkatkan hubungan silaturrahmi dan sinergitas antara pihaknya, Forkopimda Palas dan seluruh elemen masyarakat.

Kepada seluruh santri yang mengikuti proses penamatan di tahun ajaran 2022 /2023 ini, baik tingkat Tsanawiyah, Aliyah dan SMK IT Ponpes berjumlah 180 orang dapat melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi.

"Distribusikan ilmu yang didapat selama menjalani proses masa pendidikan kepada keluarga dan masyarakat. Khususnya santri SMK IT," tutupnya.

Sebelumnya, Plt Bupati Palas, H.Ahmad Zarnawi Pasaribu menyampaikan, alumni Ponpes Ja'fariyah dapat menjaga nama baik ponpes dan terus melanjutkan pendidikan kejenjang ilmu yang lebih tinggi.

"Teruslah belajar menuntut ilmu untuk meraih cita-cita sehingha menjadi manusia yang berguna dan bermanfaat bagi nusa dan bangsa," harapnya.

Plt berharap, para alumni dapat menjadi estafet generasi penerus yang kelak menjadi pemimpin dimasa datang menggantikan kami-kami di lingkungan pemerintah dan lainnya.

Menurut Plt Bupati, pendidikan di pondok pesantren ini memiliki keberkahan yang luar biasa. Kita bisa merasakan bagaimana keberkahan itu dengan kesederhanaan yang ada pada Al-Ja’fariyah.

Kelelahan pimpinan dan para guru Ponpes Al - Ja'fariyah, katanya, yang telah turut berperan aktif membangun dan mamajukan pendidikan keagamaan di Palas menjadi catatan amal kebaikan oleh Allah SWT.

"Mari bersama-sama menjadikan pondok pesantren ini lebih maju dan lebih bercahaya mewujudkan Kabupaten Padanglawas yang beriman, cerdas, sehat, sejahtera dan berbudaya (Bercahaya)," pintanya.

Ia menambahkan, kegiatan penamatan santri ini mendapat diridhoi Allah SWT, dan membawa berkah bagi kita semua, bersama seluruh masyarakat Palas.

Hadir Pengawas Madrasah Drs. H. Husni Effendi, para pimpinan ponpes se - Palas, Pimpinan OPD, Staf Ahli dan Asisten serta para orang tua siswa.