LANGKAT - Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (HARKITNAS) ke 115 Tahun 2023 Kabupaten Langkat, bertempat di Lapangan Alun alun Tengku Amir Hamzah Stabat, Senin 22 Mei 2023. Plt Bupati Langkat H.Syah Afandin, SH membacakan pidato Menteri Komunikasi dan Informatika RI dalam peringatan 115 tahun kebangkitan nasional tahun 2023.

Seratus lima belas tahun lalu, para persatuan Indonesia sebagai negara mulai menyalah.
Hal ini di tandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan bersifat kedaerahan menjadi barisan yang utuh dengan didirikannya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908.

Sejak saat itu gerakan perjuangan Indonesia dengan gegap gempita bergerak maju mewujudkan Republik Indonesia sebagai negara yang satu, berdaulat, adil dan makmur.

"Di masa ini di saat kemerdekaan telah kita rasakan warisan perjuangan, kita harus tetap rapat, erat dan terus maju bergerak mengobarkan api semangat untuk bangkit demi mewujudkan Indonesia emas 2045," ajaknya.

Di sisi lain, Afandin menjelaskan, rakyat Indonesia patut bersyukur karena dunia telah melalui krisis pandemi covid 19 selama 3 tahun terakhir di tengah kekurangan, tantangan dan masalah yang kita hadapi bersama.

"Barisan perjuangan rakyat Indonesia terbukti tetap erat dalam melaksanakan penanganan pandemi covid 19 sekaligus untuk memulihkan perekonomian bangsa. Hal ini menjadi momentum untuk memaknai Hari Kebangkitan Nasional ke 115 ini sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pasca pandemi," terangnya.

Hari kebangkitan nasional hari ini juga kita maknai dengan memperingati perjuangan bangsa kita, Kementerian lembaga pemerintah daerah sektor swasta, akademis, pers.

Komunitas dan seluruh elemen bangsa saling bahu membahu berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan juga kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa kita dari berbagai krisis Global baik kesehatan, perekonomian, hingga geopolitik sekalipun.

Data data Badan Pusat Statistik menunjukkan bahwa perekonomian Indonesia di Tahun 2022 tercatat tumbuh 5,31% (YEAR-ON-YEAR/YOY) jauh meningkat dari pertumbuhan di tahun 2021 sebesar 3,70% (YOY) dan bahkan melebihi capaian pertumbuhan Sebelum masa pandemi di 2019.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia di triwulan satu tahun 2023 pun masih tercatat terus bertumbuh sebesar 5,03% (YOY) menunjukkan performa yang lebih baik dari periode triwulan 4 Tahun 2022 yang tumbuh sebesar 5,01%.

"Tentunya kita berharap agar capaian-capaian ini dapat pertahankan dan terus tingkatkan demi kesejahteraan masyarakat serta kemajuan bangsa Indonesia. Selain merayakan berbagai capaian bangsa Indonesia, hari kebangkitan nasional juga kita maknai dengan mensyukuri segala langkah kemajuan perbaikan, atau bahkan perjalanan yang didapat dari perjuangan kita," ucapnya.