PADANGSIDEMPUAN - Dalam mewujudkan Indonesia emas 2045, kemerdekaan yang telah diraih harus diisi dengan mengobarkan semangat untuk bangkit dan terus bergerak. Demikian sambutan Plt. Menteri Kominfo Mahfud MD yang dibacakan Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution yang bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115, di Stadion HM Nurdin, Senin (22/5/2023)
 
“Kita patut bersyukur pada tanggal 5 Mei 2023, WHO telah mengumumkan bahwa darurat kesehatan global untuk Covid-19 secara resmi dicabut. Di tengah kekurangan, tantangan dan masalah yang kita hadapi bersama, barisan perjuangan rakyat Indonesia terbukti tetap erat dalam melaksanakan penanganan pandemi Covid-19 sekaligus untuk memulihkan perekonomian bangsa,” ujarnya.
 
Ia menyebutkan peringatan Harkitnas ini sebagai momentum membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pasca pandemi.
 
Plt Menteri Kominfo juga mengatakan Harkitnas ini dimaknai dengan mensyukuri segala langkah kemajuan, perbaikan, atau bahkan pelajaran yang didapatkan dari perjuangan.
 
"Tingginya kepercayaan dunia kepada Indonesia melalui kepiawaian Indonesia dalam memimpin Presidensi G20 pada tahun 2022, dan Forum Asean di tahun 2023, menjadi momentum untuk mengimplementasikan semangat kebangkitan nasional dalam menyambut era pasca pandemi Covid-19, sekaligus perjalanan menuju Indonesia emas 2045,” terangnya.
 
Untuk diketahui Harkitnas diperingati setiap tanggal 20 Mei, namun sesuai Pedoman yang ditetapkan Kementerian Kominfo, Upacara tahun ini diundur pelaksanaannya pada 22 Mei 2023.
 
Hadir pada Upacara, Forkopimda Kota Padang Sidempuan, Sekretaris Daerah, para Staf Ahli, Asisten , Pimpinan OPD Lingkungan Pemerintah Kota Padang Sidempuan dan Aparatur Sipil Negara Serta Ketua TP PKK juga Ketua DWP.