MADINA - Sebanyak 354 jamaah calon haji (calhaj) Kabupaten Madina yang tergabung pada kelompok terbang (kloter) pertama berangkat ke tanah suci. Rombongan calhaj pun secara seremoni dilepas dari Masjid Agung Nur Ala Nur, Desa Parbangunan, Kecamatan Panyabungan, Senin (22/5/2023).

Kepala Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Madina, Parmohonan yang juga sebagai ketua panitia mengatakan, jumlah calhaj kloter pertama dari Kabupaten Madina sebenarnya akan berangkat sebanyak 355 orang. Namun, ada satu orang yang batal karena mengalami sakit.

"Yang berangkat saat ini jumlah calhaj 354 orang, ditambah 5 orang sebagai pendamping. Tadinya, ada 355 orang namun satu orang sakit dari Kecamatan Kotanopan. Saya pun baru dapat kabar tadi pagi," kata Kakan Kemanag dalam sambutannya.

Pada pemberangkatan jamaah calon haji Kabupaten Mandailing Natal ada sebanyak 12 bus yang diberangkatkan ke asrama haji embarkasi Medan untuk ke tanah suci.

Dalam pemberangkatan jamaah calon haji tersebut juga dihadiri sejumlah pejabat pemerintahan Kabupaten Mandailing Natal termasuk Wakil Bupati Atika Azmi Utammi dan Kapolres AKBP M Reza Chairul AS bersama jajajaran TNI lainnya.