PALAS - Kerusakan Jalinsum lintas Sosopan, Kecamatan Sosopan, Kabupaten Padanglawas (Palas) semakin membahayakan  keselamatan pengendara.
Pantauan Go Sumut, Minggu (21/5/2023) di sejumlah titik rauas jalinsum Sosopan mengalami longsor dan amblas, sehingga kondisi badan jalan semakin menyempit hanya busa dilalui sepeda motor.

Kondisi badan jalan yang longsor yang berada di sekitar wilayah Desa Ulim dan Ulu Aer kian menyempit akibat terjadi longsor dan amblas, sehingga memunculkan jurang yang cukup dalam.

Kondisi badan jalan diperparah dengan retak-retak serta banyak lubang yang menganga di badan jalan dan menimbulkan dampak ancaman keselamatan bagi pengguna jalan yang melintas dari wilayah tersebut.

"Kondisi infrastruktur jalinsum sosopan ini, cukup membahayakan dan berdampak terhadap roda perekonomian dan kesejahetaran warga," ungkap Ali Hasan Harahap, warga Sosopan, Minggu(21/5/2023).

Dikatakan, kondisi badan jalan yang longsor dan nyaris putus akan berdampak buruk bagi keselamatan pengguna jalan umum.

"Jalinsum Sosopan ini sudah sangat membahayakan pengguna jalan, utamanya penguna jalan kalau kurang waspada akan terjun kedalam jurang yang berada di kiri bahu jalan yang longsor. Jika hal ini dibiar berkepanjangan, tidak menutup kemungkinan akan menelan korban jiwa terjun bebas kedalam jurang," bebernya.

Hal senada juga diungkapkan B.Pulungan yang setiap harinya melintasi jalinsum Sosopan menggunakan sepeda motor.

Dikatakan,kondisi jalinsum Sosopan ini cukup parah karena kerusakan ini bisa mengakibatkan korban jiwa bahkan akan ada kendaraan yang terjun bebas kedalam jurang yang berada dikiri kanan badan jalan lintas Sosopan beberapa bulan lalu.

Selain itu, sambungnya, pengguna sepeda motor jika melintas dimalam hari dan kurang waspada akan terperosok ke dalam lubang bahkan terjun kedalam jurang karena di jalinsum ini tidak rusak parah dan menyempit ini dan tidak ada lampu jalan, sehingga siap menelan korban jiwa.

"Kondisi kerusakan jalinsum Sosopan ini sudah berlangsung tahunan bahkan tidak sedikit pengendara yang mengalami luka akibat buruknya jalinsum ini," ucapnya.

Warga Sosopan berharap kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara segera memperbaiki jalan yang rusak parah ini sebelum menelan korban jiwa akibat menyempit badan jalan karena longsor.