MEDAN - Sebanyak 360 jamaah calon haji (Calhaj) asal Mandailing Natal (Madina), Kelompok terbang (Kloter) 1 yang akan masuk Asrama Haji (Ahmed) Medan, Selasa (23/5/2023) sekira pukul 08.00 Wib. “Insya Allah calon Dhuyufurrahman Madina lewat jalur darat melalui Rantauprapat dan tidak lewat jalur Batu Jomba,” ujar Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Provinsi Sumatera Utara, H.Ahmad Qosbi,MM, usai rapat pemantapan tugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan tahun 2023 di Asrama Haji Medan, Minggu (21/5/2023).

Ahmad Qosbi yang juga Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan 1444 H menyebutkan Madina dipilih sebagai Kloter 1 pada pemberangkatan musim haji tahun ini, karena semua keperluan dan kelengkapan yang dibutuhkan untuk pemberangkatan, telah terpenuhi.

Lebih lanjut Qosbi menyebutkan untuk kedatangan jamaah akan diterima oleh petugas PPIH dan seluruhnya menjadi tanggung jawab panitia, sehingga pengantar jamaah tidak lagi dibolehkan masuk ke aula.

Selain itu, Ahmad Qosbi juga berharap agar para petugas PPIH tetap berkordinasi dalam melaksanakan tugas-tugasnya, sehingga proses penerimaan dan pemberangkatan berjalan lancar.

"Saya berharap tahun ini,Embarkasi Medan bisa juara 1 dalam pelaksanaan pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji," kata Kakanwil.

Gubsu Berharap Layanan Terbaik

Sebelumnya saat rapat berlangsung, mewakili Gubsu Kabag Kesra Ramadani Lubis,menyampaikan Gubsu Edy Rahmayadi meminta seluruh petugas memberikan layanan terbaik kepada Calhaj.

"Berikan layanan terbaik kepada jamaah, terlebih tahun ini banyak lanjut usia (lansia) yang akan diberangkatkan. Untuk itu, pelayanan satu atap terhadap jamaah yang masuk asrama haji, diharapkan memberi solusi terbaik agar jamaah bisa istirahat sebelum berangkat ke Tanah Suci,"ungkapnya.

67 Kuota Dikembalikan ke Pusat

Dalam kesempatan yang sama, Qosbi juga menyebutkan hingga batas perpanjangan tahap dua pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji, 19 Mei, dari 8.328 kuota jamaah untuk Sumatera Utara 67 diantaranya dikembalikan ke pusat.

"Jadi kuota kita Sumatera Utara itu 8328, jadi setelah ditutup pelunasan ada 67 seat yang belum terpenuhi. Jadi kurang yang melunasi. Jadi yang 67 ini secara nasional, yang melunasi sudah melebih kuota nasional. Jadi kita Sumut, kuota yang 67 jadi kuota nasional," pungkasnya.

Turut mendampingi simulasi penerimaan kedatangan jamaah calhaj embarkasi Medan ini, Kabid Haji dan Umrah Kanwil Kemenagsu, H.Zulpan Efendi, Kabid Penerimaan dan Pemberangkatan yang juga Ketua Tim Bina Haji Reguleer dan Advokasi Haji Kanwil Kemenagsu, Dr.Torang Rambe, Subkoordinator pada Subbagian Umum dan Hubungan Masyarakat Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Sumut Drs. H. Muhammad Yunus, MA. Kepala UPT Asrama Haji Medan, Ramlan Sudarto,SH, mewakili Gubsu Kabag Kesra Ramadani Lubis, pihak imigrasi, pihak kesehatan dan undangan lainnya.