PALAS - Plt Bupati Padanglawas, drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu,C,Ht,MM,M.Si,MH menghadiri pembukaan STQH kw XVIII tingkat Provinsi di Gor H.Abdul Manan Muis Al Azhar Medan, Sabtu (20/5/2023). "Di perhelatan Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) ke XVIII  tingkat Provinsi Sumut, kita optimis utusan Kabupaten Palas mengukir prestasi," kata Plt Bupati.

Menurutnya, keoptimisme itu merujuk pada perhelatan STQH sebelumnya Kabupaten Palas meraih juara V di perhelatan STQH ke XVII.

Sebelumnya dua putri asal Kabupaten Palas mewakili Provinsi Sumut meraih juara 1 STQH tingkat Nasional ke XXVI Tahun 2021 di Kota Sofifi Maluku Utara dan juara harapan 1 pada MTQ Nasional ke XXIX tahun 2022 di Provinsi Kalimantan Selatan, ujar Plt Bupati.

"Mudah-mudahan di perhelatan STQH ini, Kabupaten Palas meraih prestasi  juara yang mengharumkan nama daerah," ucapnya, Sabtu (20/5/2023) melalui pesan WhatsApp kepada Go Sumut.

Kata Plt Bupati, di perhelatan STQH tahun ini, Pemkab Palas bersama LPTQ Palas telah melepas 20 orang kafilah yang akan mengikuti cabang yang  diperlombakan. 

Ditambahkan, Pemkab Palas sudah  menyiapkan 20 kafilah  yang sebelumnya sudah mendapat pembinaan LPTQ Palas.

Pembukaan STQH ke XVIII  tingkat Provinsi Sumut, ditandai dengan pemukulan beduk oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi.

"STQH tingkat Provinsi Sumut ini sudah berlangsung sebanyak 18 kali. Selama berlangsungnya STQH ini sudah banyak kafilah dan guru-guru yang membesarkan nama Provinsi Sumut dalam pertandingan membaca Al-Quran," kata Gubsu.

Dikatakan,sampai sekarang kita sebagai anak dan cucunya yang meneruskan generasi terdahulu, harus terus menggali talenta-talenta yang ada di Kabupaten/kota di Sumut.

Gubsu berpendapat tidak ada manusia yang dapat merubah Alquran, akan tetapi Alquran dapat merubah hidup manusia.

"Insya Allah melalui STQH seperti ini, orang akan berubah dan kita semua berharap Alquran tetap menjadi kompas kita dalam menjalani hidup,"harap Edy Rahmayadi.