TOBA - Puskesmas Laguboti melalui tenaga medis Bidan Desa memberian Imunisasi Sub - Pin Polio Putaran ke-2 bagi anak Balita usi 0 - 59 bulan, di Kantor Desa Sibarani Nasampulu Kecamatan Laguboti Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (16/5/2023). Dalam pelaksanaannya, dibantu dan dikawal Camat Laguboti Aprilia Nensi Tampubolon,S.H,MH bersama Kapolsek Laguboti AKP.Agus Sucipto berikut Danramil 12 Laguboti Kapten Inf.Sabar Mangapon Siallagan serta Kepala Desa Sibarani Nasampulu Soltan Sibarani.

Nensi Tampubolon menyebutkan kegiatan ini untuk memutus mata rantai transmisi virus polio dengan memberikan imunisasi massal kepada seluruh anak di Kabupaten Toba mulai dari usia 0 bulan - 59 bulan secara khusus di wilayah Kecamatan Laguboti.

Pemerintah Pusat sebutnya telah menetapkan penyakit polio sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) karena penyakit polio merupakan salah satu penyakit menular yang tidak dapat disembuhkan namun bisa dicegah melalui imunisasi.

"Oleh karenanya, kita sangat berharap kepada semua warga masyarakat untuk lebih sadar dan waspada serta mengikuti program kesehatan bagi anak anak ini.serta semua pihak harus ikut mensosialisasikan serta mensukseskan pelaksanaan imunisasi polio ini," jelasnya.

Kepala Desa Sibrani Nasampulu Soltan Sibarani dalam penuturannya menyebutkan, kegiatan ini wujud kepedulian dan perlindungan balita sebagai generasi masa depan bangsa.

Kegiatan yang didukung Uspika Kecamatan Laguboti juga merupakan bentuk pelayanan TNI/Polri, Pemerintah Kecamatan dan Desa kepada masyarakat dengan petugas medis dari Puskesmas Laguboti sebagai unit layanan kesehatan masyarakat di Kecamatan Laguboti.