TOBA -  PT.Toba Pulp Lestari (TPL) Tbk, menerima kunjungan mahasiswa Strata Satu (S1) Fakultas Kehutanan Universitas Sumatera Utara (USU). Rombongan yang akan melakukan Kunjungan Kuliah Lapangan ini disambut management perusahaan di Guest House. Manager Humas Relation PT.TPL Dedy Armaya dalam keterangan persnya Senin, (15/5/2023) mengatakan rombongan ini terdiri daro 52 mahasiswa didampingi 4 asisten dosen dan 1 dosen pendamping.


Mahasiswa dibagi dalam 2 kelompok. Diawali dengan pengenalan dan presentasi singkat dari pihak TPL tentang keberadaan perusahaan. Dikesempatan tersebut para peserta terlihat antusias dalam mendengarkan semua pemaparan yang disampaikan perwakilan Management perusahaan.

Dijelaskan Dedy Armaya, menyebutkan  TPL merupakan salah satu Obyek Vital Nasional (OBVITNAS) yang beroperasi dalam bidang Hutan Tanaman Industri (HTI). Sebagai perusahaan pengelolaan hasil hutan berupa kayu yang diproses didalam pabrik TPL dengan hasil produksi bubur kertas (pulp) yang pemasarannya didalam Negeri dan eksport ke luar negeri.

Terpisah Staff Humas TPL, Rikky Hutabarat, menyebutkan kunjungan mahasiswa Fakultas Kehutanan Universitas Sumatera Utara (USU) Medan merupakan salah satu perwujudan dari key messages yang dimiliki TPL, yaitu open and transparent for continuous improvement.

Dalam setiap perjalanan usahanya perusahaan TPL selalu membuka komunikasi secara terbuka dan juga transparan dengan harapan seuoaya masyarakat luas mendapatkan informasi yang benar dan terpercaya.

Perusahaan tetap mendukung pembelajaran akademisi dalam meningkatkan kualitas pendidikan khususnya bagi para mahasiswa/i Fakultas Kehutanan yang ingin mengetahui proses pengelolaan hama penyakit yang ditanggani berikut sistim teknologi yang dikembangkan dan digunakan oleh perusahaan.

Usai paparan, mahasiswa dibawa berkeliling oleh perwakilan management perusahaan  untuk melihaat secara bagaimana proses pembibitan di nursery utama dan mengunjungi Research And Development (R&D) untuk mengetahui penanganan hama penyakit yang dikelola TPL.

Luis Eidelweiss ketua rombongan dalam kunjungan Mahasiswa Fakultas Kehutanan USU ke TPL, menyampaikan pihaknya bisa melihat langsung penerapan ilmu yang dipelajari di bangku kuliah.

“Saya sangat senang atas kunjungan kami ke TPL sebagai salah perusahaan yang bergerak dibidang kehutanan di Sumatera Utara. Dalam kesempatan tersebut banyak ilmu dan pengetahuan yang kami dapat serta pengembangan teknologi yang modern khususnya untuk penanganan hama di TPL sendiri,” ujar Luis.

Mewakili mahasiswa Fakultas Kehutanan USU, Hazrikal, menyebutkan TPL merupakan tempat yang ideal untuk dijadikan pembelajaran bagi mahasiswa khususnya mengenai HTI dan juga proses di pabrik. Dalam kesempatan tersebut mahasiswa/i mendapakan pemaparan bahwa TPL  menerapkan prinsip pengelolaan hutan Lestari (sustainable forest management) serta membuka lapangan pekerjaan bagi para masyarakat yang ada di sekitar perusahaan.

Dosen Fakultas Kehutanan USU Medan Yunasfi selaku pendamping mengapresiasi dukungan dan kerjasama TPL sehingga terlaksana program kunjungan kuliah lapangan tersebut.

"Atas nama Universitas kami berterimakasih atas kesedian TPL untuk mendukung Program Merdeka Belajar yang dapat memotivasi mahasiswa. Kami sangat mensyukuri keberadaan TPL yang menjadi salah satu lokasi ideal untuk mempelajari mengenai HTI khususnya bagi para mahasiswa kami,” ucapnya.