LANGKAT - Bawaslu Kabupaten Langkat menggelar sosialisasi pencalonan bakal calon (Bacaleg) Anggota DPRD Kabupaten/ Kota untuk Pemilu 2024, di Aula Grand Stabat Hotel, Selasa (16/5/2023).

Ketua Bawaslu Langkat, Husni Leli dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada para hadirin.

Dalam kesempatan itu, dia menyinggung tentang kuota keterwakilan perempuan dan pentingnya peran serta masyarakat dan pers dalam pengawasan Pemilu.

"Jadi, pada dasarnya pemilu itu harus dipantau, diawasi dan dikawal oleh seluruh elemen yang ada agar pemilu yang berkualitas bisa terwujud sesuai dengan regulasi dan peraturan yang ada. Sehingga pemilu 2024 bisa lebih baik dan bermutu dari pemilu 2019 yang lalu," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Propinsi Sumatera Utara, Safrida sebagai pemateri, dalam paparannya antara lain menyinggung tentang beratnya tantangan dalam pemilu 2024 dan pentingnya pengawasan bagi para pelaksana pemilu.

"Selama ini banyak yang beranggapan dan menuding, kami (penyelenggara pemilu) kok tidak ikut diawasi? Tudingan itu salah, karena kami juga diawasi," ujar Safrida.

Untuk yang mengawasi KPU dan Bawaslu, dia menyebut, hal tersebut dilakukan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

"Jadi, jika ada dugaan pelanggaran pemilu oleh Bawaslu dan KPU, silahkan lapor dan adukan ke DKPP Pemilu," tegasnya. *