PADANG SIDEMPUAN - Partai Golkar Kota Padang Sidempuan mendaftarkan 30 bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) peserta Pemilu tahun 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Minggu, (14/5/2023) sekira pukul 14.00 WIB. Pendaftaran tersebut dipimpin langsung Ketua Partai Golkar Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution di dampingi Sekretaris Siwan Siswanto, Wakil Ketua Sahat Tua Sinaga, dan Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Sumatera Utara, Syahrul M. Pasaribu.
 
Sesuai dengan jumlah kursi, ke 30 Bacaleg Partai Golkar itu masing-masing menempati sejumlah daerah pemilihan (dapil). Untuk dapil satu terdiri dari 11 calon, dapil dua 10 calon dan dapil tiga sebanyak 9 calon. 
 
Sebelumnya, prosesi pendaftaran diawali dari Ketua Partai Golkar Padang Sidempuan bersama seluruh unsur pengurus dan Bacaleg bekumpul di kantor Partai Golkar di Jalan Sitombol.
 
Lalu kemudian berjalan kaki menuju kantor KPU Padang Sidempuan di Jalan Sultan Hasanuddin.
 
Rombongan yang mendapat reaksi positif dari warga itu berjumlah sekitar 400 orang melintas dari Alaman Bolak sampai ke Depan City Walk, terus ke SMPN 1 dan belok kiri di simpang Masjid Agung Al Abror.
 
Sesampainya di kantor KPU, rombongan pengurus Golkar disambut Ketua Tagor Dumora Lubis bersama empat komisioner lainnya, Fadlyka H.S Harahap, Nurhamidah Pulungan, Afwan Hasibuan dan Ahmad Rasid. Ada juga anggota Bawaslu Padang Sidempuan Ramadhan Sakti dan Rahmad Azis Hasiolan.
 
Sebelum penyerahan berkas pedaftaran pada Ketua KPU dan Bawaslu, Ketua Partai Golkar Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution mengatakan, mengaspirasi seluruh tahapan yang sudah dilakukan oleh KPU Kota Padang Sidempuan.
 
"Kita berharap pendaftaran Bakal Calon DPRD Kota Padang Sidempuan, dari partai politik peserta pemilu bisa terselesaikan sesuai jadwal," ujar Irsan Efendi Nasution di Kantor KPU Padang Sidempuan.
 
Partai Golkar Padang Sidempuan, disebutkan Irsan Efendi Nasution, akan taat Azas, taat aturan, mengikuti seluruh mekanisme yang dituangkan dalam ketentuan.
 
Dan keterlibatan perempuan, sambung Irsan Efendi Nasution, di tiga daerah pemilihan tersebut sudah 30 persen sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 10 Tahun 2023.
 
Partai Golkar, dikatakan Irsan Efendi Nasution, tentu menyadari pesta demokrasi pemilu legislatif yang bersamaan dengan pemilu presiden pada bulan february 2024 yang akan datang.
 
"Mudah-mudahan ini akan menjadi sarana berdemokrasi bagi kita, khususnya di Padang Sidempuan. Tentu dengan harapan kita, tingkat partisipasi masyarakat yang terus menerus dilakukan upaya dan iktihar, baik KPU dan pemangku kepentingan lain bisa kita terus dorong tingkat partisipasi yang lebih baik," ujar Irsan Efendi Nasution.
 
Partai Golkar, disebutkan Irsan Efendi Nasution, tentu siap bekerja sama dengan seluruh pihak, agar pelaksanaan pemilu, khususnya di Kota Padang Sidempuan, umumnya di negeri ini, bisa berlangsung secara damai.
 
Terakhir, ungkap Irsan Efendi Nasution, Partai Golkar Kota Padang Sidempuan tidak memasang target.
 
"Tetapi kami akan berupaya dan beriktihar untuk merebut hati rakyat," pungkas Irsan Efendi Nasution.
 
"Dengan direbutnya hati rakyat, kami Karya yang Kekaryaan ini akan mendapat kepercayaan dari masyarakat untuk menjadi wakilnya di DPRD Kota Padang Sidempuan, DPD Sumatera Utara dan DPR RI," tutup Irsan Efendi Nasution.
 
Selanjutnya, Ketua KPU Padang Sidempuan Tagor Dumora Lubis menyatakan, menerima berkas pendaftaran Bacaleg Partai Golkar dan akan memeriksanya. Jika ada kekurangan, akan diberitahukan untuk segera dilengkapi.
 
"Golkar partai politik ke 13 yang datang mendaftarkan Bacaleg ke KPU Kota Padang Sidempuan. Hari ini pendaftaran terakhir dan masih ada beberapa partai yang belum datang mendaftarakan Bacaleg," ungkap Tagor Dumora Lubis.
 
Usai pendaftaran Bacaleg Partai Golkar Padang Sidempuan, Wakil Ketua Wantim Golkar Sumut Syahrul M. Pasaribu menambahkan, hari Minggu (14/5/2023) pukul 14:00, Partai Golkar se Indonesia serentak mendaftarkan Bacaleg di semua tingkatan.
 
"Pendaftaran Bacaleg dan penyerahan berkas Bacaleg DPR RI dipimpin Ketua Umun DPP Partai Golkar. Di provinsi dipimpin Ketua DPD Provinsi dan di kabupaten kota dipimpin para Ketua DPD Kabupaten dan Kota," jelasnya.
 
Kehadiran mantan Bupati Tapanuli Selatan dua periode ini adalah dalam rangka mendampingi Partai Golkar mendaftarkan Bacaleg ke KPU Padang Sidempuan.
 
Sebelumnya Syahrul Pasaribu melepas pengurus DPD Partai Golkar Tapsel mendaftarkan dan menyerahkan Bacaleg ke KPU Tapsel.***