PATUMBAK- Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara Abyadi Siregar meminta Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Deli di Patumbak, Kabupaten Deli Serdang, memasok tanki air untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat Patumbak, khususnya perumahan Kampung Karo Desa Sigara-gara. Hal ini akibat air mendadak 'mati' alias tak mengalir ke rumah warga di sana sejak Sabtu pagi (13/5/2023) hingga Minggu pagi (14/5/2023) ini sehingga berbagai aktivitas mereka terganggu. Sebelumnya pihak PDAM Tirta Deli pun tidak mengumumkan kepada para pelanggan soal terhentinya aliran air tersebut, bahkan tidak bisa memberi kepastian kapan air mengalir lagi ke rumah warga.

Abyadi Siregar mengemukakan pihaknya juga merekomendasikan pihak PDAM Tirta Deli untuk segera menangani penyebab tidak mengalirnya air bersih ke rumah pelanggan, mengingat kebutuhannya sangat vital. "Kasihan masyarakat, PDAM Tirta Deli harus segera merespon keluhan pelanggan dengan mengatasi penyebab 'matinya' aliran air, selain mencari solusi untuk memenuhi kebutuhan mereka akan air bersih antara lain dengan memasok tanki air," katanya.

Dia mengatakan berdasarkan laporan PDAM Tirta Deli terjadi penurunan tinggi muka air bawah tanah di Desa Sigara-gara Patumbak sehingga air tekor yang mengakibatkan distribusi air bersih kepada pelanggan berkurang atau bahkan tidak mengalir sama sekali. "Mereka akan melakukan pemeriksaan untuk memastikan antisipasi dan tindak lanjut mengembalikan pelayanan air bersih di Patumbak dengan optimal," jelasnya.

Menurutnya, pihak PDAM Tirta Deli berjanji mengatasi permasalahan tersebut Minggu (14/5/2023) ini. "Dirut Tirta Deli sudah langsung menugaskan direktur operasional menanganinya," kata Abyadi Siregar.

Sementara berdasarkan laporan Buyung Tarigan, kepala unit PDAM Tirta Deli di Patumbak air tiba-tiba tidak mengalir sejak Sabtu pagi. Padahal, katanya, mesin milik PDAM Tirta Deli tetap dinyalakan, namun air tetap tidak mau naik untuk dialirkan ke rumah warga pelanggan. "Saya sudah melaporkan keadaan ini ke kantor pusat Tirta Deli di Lubuk Pakam,"ungkapnya.*