SIMALUNGUN - Sekitar 10 hektar lahan terbakar di kawasan Dusun Dolok Maria, Nagori Ujung Saribu, Kecamatan Pematang Silimakuta, Kabupaten Simalungun, Jumat (12/5/2023). Api berhasil dipadamkan personil Polres Simalungun bersama dengan Tim Karhuta dan warga sekitar, serta 30 personil yang diturunkan untuk memadamkam api.

"Api melahap lahan yang berada di perbukitan Dolok Maria sebanyak 10 hektar, dan berkat kerjasama kita kepada Kementerian Kehutanan Manggagala Agni yang tergabung dalam Satgas Karhutla serta warga masyarakat setempat," ucap Kapolres Simalungun AKBP Ronald Sipayungung dalam pesan singkat whatsaap, Sabtu (13/5/2023).

Ronald mengungkapkan, pihaknya mengetahui adanya kebakaran lahan berdasarkan pantauan aplikasi lancang kuning (RCM) Monitor Hotspot.

"Kita mengetahui terbakarnya lahan itu dari aplikasi lancang kuning pada hari Kamis tanggal 11 Mei 2023, namun api baru semalam berhasil kita padamkan, dikarenakan keterbatasan dan kendala seperti peralatan dan medanya cukup terjal karena diarel perbukitan," terangnya.

Dalam insiden ini, pihaknya masih meyelidiki penyebab kebakaran lahan yang terjadi dan menghimbau agar masyarakat tidak membuat api sembarangan serta tidak membakar untuk membuat lahan.

Selain itu, Ronald mengingatkan agar tidak membakar rumput, sampah, karena hal itu dapat menjadi dampak buruk bagi lingkungan dan pelakunya dapat dijerat pidana.