TOBA - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri I (SMK N1) Laguboti menggelar Exobition Product, (3/5/2023). Dalam ajang tersebut siswa siswi kelas XII beradu kemampuan dengan menampilkan karya masing-masing. Berdasarkan keputusan Kepala Sekolah, hasil karya yang ditampilkan para siswa ini menjadi salah satu syarat pendukung untuk kelulusan setelah 3 tahun menempuh pendidikan dan pembelajaran.
 
SMK N1 Laguboti yang sebelumnya Sekolah Menegah Industri Kerajinan (SMIK) yang memiliki 4 jurusan pembelajaran masing-masing; Tata Busana, Tekstil, Kriya Kayu dan Kriya Logam ini mempunyai peserta didik 600 orang. Sesuai program pembelajaran, setiap tahun di akhir semester khusus kelas XII wajib mengadakan pameran product hasil karya para siswa. 
 
Kepala SMK N1 Laguboti, Drs.Tigor Siahaan berjanji, akan berupaya menambah jumlah siswa-siswi sampai 1000 orang. Hal ini bisa dicapai dengan meningkatkan kwalitas dan kwantitas pendidikan dan pembelajaran melalui kerja sama antara semua guru, komite sekolah dan dukungan orang tua siswa.
 
"Kepada para siswa-siswi yang nantinya telah lulus sekolah, sesuai dengan skill dan kemampuan masing masing yang ditimba selama 3 tahun di SMK N1 Laguboti harus mampu menciptakan pekerjaan masing masing atau berdikari mandiri, bagi yang hendak akan melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, tempuhlah dengan baik serta pilih universitas yang sesuai dengan ilmu masing-masing demi mengejar mas depan yang lebih baik," pesannya.
 
Terpisah Ketua komite Sekolah SMK N1 Laguboti, A.E Siahaan,S.H
menyebutkan pihaknya sebagai komite sekolah yang merupakan perwakilan para orang tua siswa-siswi mengimbau para orang tua untuk tidak ragu memasukkan anaknya menimba ilmu pendidikan dan pembelajaran di sekolah kejuruan ini.
 
Sebelumnya Camat Laguboti Nensi Tampubolon,S.H juga memberikan memotivasi kepada para siswa-siswi untuk terus berkarya dan berinovasi. 
 
"Saya salut dan bangga dengan berbagai hasil karya dan desain yang ditampilkan para siswa-siswi di ajang kontes exobition product SMK N1 Laguboti. Melalui SMK N1 Laguboti Kabupaten Toba ternyata mampu menciptakan dan melahirkan para pelaku seni dan disain busana, baik yang bermotif tradisional dan modern," sebutnya memuji.