PALAS - Rumah Tahanan (Rutan) Klas II Sibuhuan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sumut ikuti acara syukuran Peringatan Hari Bakti Permasyarakatan ke 59 Kemenkumham secara virtual di ruang Kasubsi Yantah Rutan setempat, Rabu (3/5/2023). Kegiatan peringatan Hari Bakti Permasyarakatan ke 59 Kemenkumham dengan tema "Transformasi Pemasyarakatan Semakin PASTI  dan BerAkhlak, Indonesia Maju".
 
Di kesempatan itu, secara virtual Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly mengatakan, Hari Bhakti Pemasyarakatan yang diperingati tahun ini diharapkan dapat meningkatkan komitmen jajaran pemasyarakatan dalam mencapai tujuan pemasyarakatan.
 
“Untuk itu, seluruh jajaran harus mampu menjaga marwah Kementerian Hukum dan HAM dalam rangka pencapaian tujuan Pemasyarakatan,” tegas Menkumham.
 
Sementara itu, Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Reinhard Silitonga berpesan, pemasyarakatan tidak terlepas dari bantuan dari masyarakat, stakeholder dan mitra Ditjenpas.
 
Ia  menyampaikan apresiasi dan terimakasihnya kepada seluruh stakeholder yang telah berpartisipasi dalam mendukung tugas dan fungsi Pemasyarakatan di Indonesia.
 
“Semoga tujuan pemasyarakatan dapat mewujudkan pemasyarakatan yang semakin PASTI dan BerAKHLAK," tandasnya.
 
Sebelumnya, usai mengikuti Upacara Puncak Hari Bhakti Pemasyarakatan ke 59 secara virtual, Kepala Rutan Klas II B Sibuhuan Kanwil Kemwnkumham Sumut, Elizama Gori, SH di dampingi Kasubsi Pelayanan Tahanan, Rudi Timbul Halomoan Sinaga, SH, Kamis (4/5/2023) mengajak,  jajaran di lingkungan kerja Rutan Klas II B Sibuhuan untuk menjadikan momentum Hari Bakti Pemasyarakatan yang ke 59 Tahun ini dapat mengilhami insan Pemasyarakatan ke arah yang lebih baik.
 
Menurutnya, seluruh jajaran Pemasyarakatan harus mampu bertransformasi menjadi Pemasyarakatan yang lebih baik.
 
“Hal ini sebagai wujud komitmen Pemerintah Indonesia menempatkan Pemasyarakatan sebagai salah satu Subsistem Peradilan Pidana Indonesia," katanya.
 
Ditambahkan, pelaksanaan acara syukuran itu merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke 59.
 
Kata Elizama Gori, penyelenggaraan Kegiatan itu juga sebagai tindaklanjut atas Surat Edaran Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Nomor PAS1.UM.01.01-492 tentang Pelaksanaan Rangkaian Kegiatan Puncak Hari Bakti Pemasyarakatan Kemenkumham ke-59 Tahun 2023.
 
Kegiatan sykuran secara virtual diikuti oleh seluruh jajaran lingkungan Rutan Klas II B Sibuhuan Kanwil Kemenkumham Sumut.