LANGKAT - Aji Ardiansyah bocah laki-laki usia 16 tahun, warga Dusun VIII Desa Batu Melenggang, Kecamatan Hinai, dilaporkan tenggelam di aliran Sungai Batang Serangan di area Desa Batu Malenggang, Kecamatan Hinai, Minggu (30/4/2023).  Hingga Senin (1/5/2023) korban belum ditemukan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Langkat masih melakukan pencarian.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Langkat, Iwan Sahri mengatakan, dari laporan pihak terkait ke institusinya, sebelum dilaporkan tenggelam, Aji Ardiansyah bersama tiga orang temannya, yakni Fahililah (14) Gusti Ramadhan (12) pelajar kelas VI SD, dan Haidar (15), pelajar. Minggu 30 April 2023 pukul 13.00 WIB sedang mencari ikan di rawa-rawa Dusun VIII Desa Batu Melenggang Kecamatan Hinai.

Kemudian, selesai mencari ikan, korban bersama temannya pergi ke Sungai Batang Serangan Kecamatan Padang Tualang berbatasan dengan Dusun VIII Desa Batu Melenggang Kecamatan Hinai, untuk mandi-mandi.

Sedang asyik mandi, tiba-tiba dari arah seberang sungai, teman korban yang berada di pinggir sungai Batang Serangan memanggil korban dengan maksud untuk memberi uang kepada korban.

Lalu korban menuju ke seberang sungai yang lebarnya lebih kurang 16 meter dengan cara berenang menyeberangi sungai.

Setibanya di tengah sungai, saat korban sedang menyeberang, korban melihat, teman korban yang mau memberi uang tersebut lari keatas sungai. Seakan-akan korban dibohongi oleh temannya tersebut.

Korban pun memutar arah untuk kembali ke pinggir sungai Batang Serangan.

"Namun saat hendak kembali ke pinggir sungai, ketiga teman korban melihat, korban minta tolong, karena tidak sanggup lagi menyeberangi sungai. Kemudian teman-teman korban langsung membantu korban, namun dikarenakan air yang sangat dalam dan teman korban tidak sanggup berenang sambil membantu korban. Akhirnya korban pun tenggelam di dasar sungai Batang Serangan,” kata Iwan Sahri.

Selanjutnya teman-teman korban melaporkan kejadian tersebut kepada warga setempat dan mencoba mencari keberadaan korban. Namun sampai saat ini korban belum ditemukan.

“Personil BPBD Langkat bersama dengan Basarnas, pihak Kecamatan dan pihak Desa serta keluarga sejak kemarin berada di lokasi. Mendirikan pos di lokasi kejadian, melaksanakan pencarian bersama Basarnas, dan melaksanakan pos siaga bencana di kantor BPBD Kabupaten Langkat,” pungkasnya.