PALAS - Pemkab Padanglawas menggelar Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXVII tahun 2023, dihalaman Komplek Perkantoran SKPD Terpadu Sigalagala Sibuhuan, Jumat (28/4/2023). Bertindak sebagai inspektur upacara, Sekda, Arpan Nasution,S.Sos diikuti seluruh ASN dijajaran Pemkab Palas. Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXVII tahun 2023 dengan tema “Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul".
 
"Tema otonomi daerah maju, Indonesia unggul memiliki arti penyelenggaraan otonomi daerah merupakan bentuk pengakuan pemerintah pusat terhadap kemandirian daerah," kata Sekda Arpan Nasution,S.Sos.
 
Dengan adanya otonomi daerah ini, lanjutnya tentu mendekatkan layanan kepada masyarakat, meningkatkan daya saing daerah melalui pemberdayaan masyarakat dan pemerintah daerah dalam mencapai tujuan peningkatan kesejahteraan masyarakat.
 
Di samping itu, kata Sekda,peringatan ini sebagai sarana menentukan kebijakan dan pemantapan pelaksanaan otonomi daerah untuk mewujudkan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang proaktif dan Berakhlak untuk menuju Indonesia emas tahun 2045.
 
Arpan menambahkan,tujuan otonomi daerah  yaitu dengan mendelegasikan sebagian kewenangan dan sebagian urusan pemerintah yang sejatinya untuk menjadikan daerah dalam mencapai kemandirian fiskal dengan menggali berbagai potensi sumber daya yang dapat meningkatkan PAD.
 
Selain itu, memacu percepatan dan pemerataan pembangunan, kemampuan fiskalnya untuk dimanfaatkan dalam memenuhi program pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.
 
"Otonomi daerah juga bisa meningkatkan IPM, menurunkan kemiskinan, meningkatkan konektivitas serta akses infrastruktur lainnya," tutupnya.
 
Hadir di peringatan hari otonomi daerah tersebut, Kapolres Padanglawas, AKBP Indra Yanitra Irawan,SIK M.Si, perwakilan  Kejaksaan Negeri Palas, Pengadilan Agama Sibuhuan, para Asisten, pimpinan OPD, Camat se Kabupaten Palas, serta seluruh ASN lingkup Pemkab Palas.