TOBA - Jumlah pengunjung yang memadati kawasan wisata Toba Caldera Resort (TCR) Sibisa Kabupaten Toba, selama libur lebaran 1444 Hijriyah mencapai 20 ribu. Direktur Utama BPODT Jimmy Bernando Panjaitan dalam keterangan persnya, Kamis (27/4/2023) menyebutkan jumlah pengunjung tersebut tercatat untuk kawasan yang dikelola Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), selama cuti bersama yang dimulai dari tanggal 19-25 April 2023. Sementara, pada 26 April 2023 pengunjung ke TCR sebanyak 4.000 orang.
 
Jimmy menambahkan para wisatawan yang berkunjung ini banyak menikmati wahana permainan yang telah disediakan BPODT di antaranya ATV, flying fox, panahan dan paintball. 
 
Selain itu untuk menghibur para pengunjung BPODT juga ada menyajikan beberapa pertunjukan band dan atraksi seni budaya tradisional Batak yang ditampilkan sanggar tari dari daerah sekitar kawasan Toba Caldera Resort.
 
“Selain menikmati permainan baru dan menonton atraksi seni budaya, para pengunjung juga dapat menikmati beberapa produk dari hasil olahan dan produksi dari UMKM (Usaha Mikro Kecil Menegah) binaan BPODT dan Nomaddict Café & Kitchen. Ditambah bila ada wisatwan/pengunjung yang ingin berkeliling di seputaran kawasan Toba Caldera Resort, pengunjung juga disediakan sepeda motor listrik yang ramah lingkungan dan dapat menyewa sepeda motor listrik ini di Stand yang telah tersedia di kawasan TCR” ujar Jimmy. 
 
Ia juga mempredikai dengan fasilitas pendukung yang telah ada di TCR, pengunjung diprediksi akan terus bertambah di akhir pekan nanti hingga pada hari Senin mendatang.  Sehingga harapan BPODT dan pemerintah 60.000 pengunjung mencapai target.
 
Terpisah Kadiv Humas BPODT Anderson Situmeang menyebutkan, dari Divisi Komunikasi Publik BPODT, sebagian besar pengunjung TCR berasal dari Provinsi Sumatera Utara  yakni dari daerah Medan, Deli Serdang, Tebing Tinggi, Asahan, Pematang Siantar, Labuhan Batu, Indrapura, Sibolga dan Tapanuli Selatan). 
 
Sementara pengunjung dari luar Sumut ada dari daerah Aceh, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Jawa Barat dan juga DKI Jakarta bahkan ada dari Papua.
 
Wahyu, salah seorang pengunjung asal Lubuk Pakam mengatakan ia, datangan bersama rombongannya untuk melihat spot Jokowi. 
 
"Ketika datang ke TCR, mereka baru tahu selain dapat melihat pemandangan Danau Toba juga dapat mencoba dan menikmati atraksi ATV dan Flying Fox. Ini baru pertama kali datang ke TCR, ternyata cukup seru apalagi tadi kami mencoba bermain ATV dan Jalur ATV nya luar biasa seru dan cukup menantang adrenalin kita,” ujarnya.