TOBA - Insiden kecelakaan Lalu lintas tabrakan antar kendaraan mobil mini bus Travel Parisma dengan Mobil Truck Box Coltdiesel terjadi di Janlinsum (Jalan Negara Lintas Sumatera) tepatnya di lintasan Janlinsum Balige - Siborongborong, Desa Tangga Batu Timur Kecamatan Tampahan Kabupaten Toba Prov.Sumatera Utara, Kamis (27/04/2023) sekira pukul 09.00 Wib Pagi hari tadi.


Kapolsek Balige Kompol Agus Salim Siagian melalui personil Satlantas Polsek Balige Bripka B.J Sidabutar saat di konfirmasi www.gosumut.com menjelaskan kronologis peristiwa Laka Lantas tersebut terjadi menurut keterangan beberapa saksi korban yang berhasil di himpun penyidik Lantas Polsek Balige menyebutkan.

"Sebelum peristiwa terjadinya kecelakaan ke Dua unit kendaraan yang bertabrakan datang dari arah yang berbeda (berleanan arah) mini bus Travel Parisma dari arah kota Siborongborong Kab.Tapanuli Utara (Taput) menuju arah Balige-Medan sedangkan mobil Truck Box datang dari Balige menuju Siborongborong Kab. Taput".

Lanjutnya, Kendaraan mini bus Travel Parisma Nopol BK 1830 LAC dengan pengemudinya Banjar saat itu membawa 2 orang penumpang didalamnya yang datang dari arah Siborong-borong menuju ke Balige.disaat itu kondisi cuaca hujan gerimis mengakibatkan kondisi jalan menjadi licin berikut jalan tikungan agak tajam didepan.

Disaat itu sang sopir Parisma sedikit memacu kendaraan yang dikemudikannya dengan kondisi cuaca hujan gerimis dan mengakibatkan jalanan jadi licin saat itu ditambah dengan kondisi jalan didepan tikungan yang agak sedikit tajam.

Disaat itu mini bus Travel Karisma mengalami stir slip ke kanan badan jalan (tengah jalan raya) yang mengakibatkan akhirnya langsung ditabrak oleh mobil truck box Nopol D 8264 FG yang di kemudikan Riswandi (49) warga Jl. Tambun barat, Kelurahan Tanjung Tongah Kecamatan Siantar Martoba Kodya Pematang Siantar Provinsi Sumatra Utara yang datang dari arah berlawanan (Balige menuju Siborongborong Kab.Taput) memgakibatkan terjadilah peristiwa kecelakaan tersebut.

Dua orang penumpang mini bus Travel Parisma Joice Helmauki Manalu (14) warga Jl.Bawal No.374 Griya Martubung II Kodya Medan mengalami nyeri di tengkuk sedangkan Rusmaida Lumban Toruan (56) warga Kota Dolok sanggul Kabupaten Humbang Hasundutan mengalami luka robek di Kepala, Kaki Kanan dan tidak bisa di gerakkan serta mengalami benturan di wajah.

Mendapat laporan dan informasi bahwa telah terjadi Laka Lantas di Janlinsum (Jalan Negara Lintas Sumatera) tepatnya di lintasan Janlinsum Balige - Siborong-borong di Desa Tangga Batu Timur Kecamatan Tampahan personel Lantas Polsek Balige bersama Padal Pos Pelayanan Ops Ketupat Toba Polres Toba 2023 di Jln. Bypass Longat IPDA Rollys Marpaung dibantu personil lainnya langsung turun ke lokasi kejadian untuk melakukan pengamanan serta evakuasi korban penumpang mini hus Travel Parisma ke Rumah Sakit HKBP Balige untuk mendapatkan perawatan medis.

Dari peritiwa kejadian tersebut pengemudi (Sopir) mobil truck Box Coltdiesel Nopol D 8264 FG Riswandi (49) tidak ada mengalami luka.

Disebutkan Bripka B.J Sidabutar untuk pengemudi mobil mini bus Travel Parisma yang akrab di panggil Banjar melarikan diri serta masih belum diketahui keberadaannya disaat peristiwa kecelakaan terjadi.

Guna pemeriksaan lebih lanjut, Unit Lantas Polsek Balige mengamankan barang bukti berupa 2 unit mobil mini bus Travel Parisma Nopol BK 1830 LAC dan 1 unit mobil truck box coltdiessel Nopol D 8264 FG dan saat ini telah diamankan di Mako Polsek Balige, ucap Bripka BJ Sidabutar.untuk oara korban yang mengakami luka masih dirasat di RSU HKBP Balige.jelas Bripka B.J Butarbutar.