TOBA - Menyambut dan memeriahkan perayaan Lebaran, Idul Fitri 1444 Hijriyah, Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) menghadirkan stand Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Toba Caldera Resort (TCR). Hasilnya, stand tersebut mampu menarik perhatian pengunjung. Dirut BPODT Jimmy Bernando Panjaitan melalui Kadiv Humas Anderson Situmeang dalam keterangan persnya, Kamis, (27/04/2023) menyebutkan kehadiran stand UMKM ini agar pengunjung bisa melihat dan merasakan langsung hasil dan kualitas produksi UMKM binaan BPODT.

Seluruh stand UMKM ujarnya, akan beroperasi dan menawarkan berbagai hasil produk mereka kepada pengunjung hingga 1 Mei 2023

Beragam produk UMKM tersebut ujarnya, seperti Tobatos, kripik Benjamin, cakar ayam Lestari, Poda Cokelat, Tabonai Tela-tela, Tiara Snack, marisca souvenir dan air jeruk Murni Skolas. 

Hasil pantauan Tim Divisi Komunikasi Publik, selama liburan Lebaran Idul Fitri hingga hari ini, Kamis (27/4/2023), stand UMKM dipadati para pengunjung. 

Ia menambahkan, UMKM yang ada di The Kaldera Toba Nomadic Escape adalah bentuk dukungan dan kepedulian BPODT terhadap para UMKM se Kawasan Danau Toba. 

UMKM ini lanjutnya, harus didukung dan didorong agar semakin produktif dengan terus melakukan kreasi inovasi sehingga dapat membangkitkan ekonomi dengan melalui UMKM terbukanya lapangan pekerjaan bagi msyarakat luas se kawasan Danau Toba.

"UMKM ini sangat penting bagi kami karena merupakan salah satu indikator dari peningkatan perekonomian dimasyarakat. Sehingga harus terus didorong agar semakin produktif dengan terus melakukan kreasi inovasi agar dapat membangkitkan ekonomi dengan terbukanya lapangan pekerjaan," pungkasnya.

Salah seorang pengunjung TCR, Rangga asal Indrapura menyebutkan, kedatangan dalam kunjungan keduanya ke Toba sangat padat dibandingkan saat pertama kali.

"Pengunjung di suasana Lebaran tahun ini luar bisa ramainya, sangat jauh beda dengan tahun lalu," ujarnya.

"Keberadaan UMKM binaan BPODT di lokasi kawasan wisata TCR menjadi penambah daya tarik dan memberikan berbagai sajian pilihan lain akan berbagai produk UMKM sebagai oleh oleh bagi para pengunjung. Ditambah dengan berbagai wahana permainan hiburan yang disediakan pengelola untuk dinikmati para pengunjung," pungkasnya.